Selaras dengan Program Electrifying Lifestyle, PLN Mendukung Program Uji Coba Bus Listrik Pemerintah Kota Bogor

Antar Daerah057 views

Inionline.id – Kepedulian terhadap lingkungan terus diwujudkan oleh berbagai pihak salah satunya dengan menghadirkan transportasi yang ramah lingkungan. Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menerima satu unit bus listrik BYD C6 pinjam pakai dari PT Bakrie Autoparts yang sudah dilakukan serah terima di Teras Balai Kota Bogor pada Selasa (03/08/2021). Bus listrik khusus mengangkut penumpang dengan tarif gratis ini akan diuji coba mulai hari ini, Rabu (4/8) hingga satu bulan ke depan. Pemkot Bogor berharap di tahun 2024 sudah ada program Bogor Transportation Program (B-Top) tercapai, walaupun tidak semua.

“Saya harap satu unit yang ada bisa dimaksimalkan bukan hanya dalam konteks kebutuhan mobilitas, tetapi juga yang lainnya mengingat kondisi cuaca dan medan di Kota Bogor. Tahun depan diharapkan sudah mulai ada bus-bus listrik yang mengaspal, jadi ketika masa pengabdian sebagai Wali Kota berakhir saya bisa menyerahkannya kepada pengganti saya,” ungkap Bima Arya.

Senada dengan hal tersebut, PLN UP3 Bogor yang diwakili oleh Manager Bagian Keuangan dan Umum, Agung Wicaksono menambahkan, bahwa PLN mendukung program transportasi ramah lingkungan ini dengan menyediakan pasokan kelistrikannya. Sementara Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang lokasinya berada di kantor PLN UP3 Bogor menjadi kewenangan Dishub Kota Bogor.

“Ini merupakan salah satu kontribusi kami untuk menyukseskan program Kota Bogor dalam mewujudkan transportasi ramah lingkungan, sekaligus mewujudkan program PLN Electrifying Lifestyle dengan menyediakan energi listrik di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum,” kata Agung.

Dengan baterai berdaya 135 Kilowatt dan sekali pengisian baterai selama 2 hingga 3 jam, total jarak yang mampu ditempuh bus listrik ini kurang lebih sejauh 250 KM.