by

Sekjen PAN Inginkan Ada Regenerasi Politik: Jangan Sampai 5 Tahun Orangnya Itu Saja

Inionline.id – Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno mengajak para milenial atau anak muda untuk terjun ke kancah politik. Eddy tidak ingin tiap hajatan politik lima tahunan figur yang muncul itu-itu saja.

“Semakin banyak anak muda yang terlibat dalam politik maka kita akan lihat regenerasi politik, jangan sampai 5 tahun yang akan datang yang ada di kancah politik kita orangnya jangan itu itu aja, jangan,” katanya dalam diskusi ‘Menyoal Demokrasi Bangsa Ciptakan Masyarakat Milenial Peduli Politik Indonesia’, Jumat (20/8).

“Kita harus memulai regenerasi politik supaya adanya generation gap (jarak), adanya celah antara generasi A dengan generasi berikutnya itu bisa mempersempit,” sambungnya.

Lebih lanjut, menurut Eddy, pada pemilu nasional 2024 didominasi pemilih dari kalangan anak muda. Dia bilang, akan ada sekitar 115 juta pemilih minelial.

“Kurang lebih nanti di tahun 2024, ada kurang lebih 115 juta dari kurang lebih 270 juta pemilih yang kurang lebih yang merupakan anak muda,” kata anggota DPR RI ini.

Oleh karena itu, kata Eddy, saat ini sudah tidak relevan bagi milenial yang sudah tak peduli dengan politik. Seharusnya, milenial Indonesia berani terlibat politik serta parpol harus memberikan ruang maupun kesempatan kepada anak muda untuk terlibat.

“Jangan dianggap anak muda masih hijau, gatau apa-apa, belum belajar, banyak ide yang out the box yang dihasilkan milenial dan anak muda,” pungkasnya.