SD di Jakbar Kesulitan Menerapkan Blended Learning

Pendidikan157 views

Inionline.id – Suku Dinas Pendidikan Jakarta Barat II mengevaluasi pembelajaran tatap muka (PTM) hari pertama yang digelar pagi tadi. Salah satu yang disoroti yakni Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01 yang berlokasi di kawasan Joglo, Kembangan, Jakarta Barat.

“Ada beberapa kelas di SDN 01 Joglo yang terkendala,” kata Kepala Seksi Pendidikan Menengah Suku Dinas Pendidikan Jakarta Barat II Asep S Efendi, Senin, 30 Agustus 2021.

Ia mengatakan, kendala yang dialami yakni beberapa kelas sulit menggelar belajar tatap muka dan daring secara bersamaan. Dia menduga kendala itu terjadi lantaran ada beberapa fasilitas milik sekolah ataupun murid yang kurang memadai.

“Bisa kendala di sekolahnya atau di rumahnya juga anak-anak tidak maksimal telepon selulernya,” ujar dia.

Dia memastikan saat PTM hari kedua yang berlangsung pada Rabu, 1 September 2021, fasilitas untuk belajar daring akan diperbaiki agar pembelajaran daring dan tatap muka bisa berjalan beriringan.

Namun, Asep mengaku PTM hari pertama di SDN 01 Joglo sudah berjalan seusai protokol kesehatan. “Sudah sesuai prokes ya, tadi saya cek,” kata dia.

Sebelumnya, beberapa sekolah di wilayah Suku Dinas Pendidikan Jakarta Barat II sudah menggelar PTM. Wilayah Jakarta Barat II meliputi Kecamatan Kebon Jeruk, Kembangan, Grogol Petamburan dan Pal Merah.

Sekolah yang dinilai siap PTM di Jakbar yakni SD ada 28, SMP ada 4, SMA ada 3, SMK ada 8, dan 3 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Daftar sekolah tersebut sudah diajukan ke Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta lantaran dinilai siap dari segi sarana dan prasarana serta capaian vaksin para guru.