PKS KUNJUNGI KELUARGA PEJUANG KEMERDEKAAN KH SHOLEH ISKANDAR

Politik057 views

Inionline.id – Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Begitu kira-kira ungkapan yang kerap terdengar. Mengenang jasa perjuangan kemerdekaan dilaksanakan oleh DPD PKS Kabupaten Bogor dengan menggelar upacara bendera di halaman gedung DPD PKS Jalan Tegar Beriman, Cibinong (Selasa, 17/8/2021). Bertindak sebagai inspektur upacara, Ketua DPD PKS Kabupaten Bogor, Dedi Aroza, M.Si.

Selepas melaksanakan upacara bendera, Ketua DPD melakukan ziarah ke makam pejuang kemerdekaan KH Sholeh Iskandar yang berlokasi di TPU Barengkok, Leuwiliang. Tampak hadir Dadeng Wahyudi, Sekretaris MPD, Wakil Sekretaris Bidang Hubungan Masyarakat yang juga anggota DPRD Kabupaten Bogor, Atma; Dindin Nurdiansyah ketua BPC-7, dan Aziz Afandi, Ketua DPC Leuwiliang. Rombongan diantar oleh kerabat keluarga KH Sholeh Iskandar yang tinggal tidak jauh dari pemakaman. Selain menyempatkan menaburkan bunga, rombongan juga melakukan doa yang dipimpin oleh Ketua DPD.

Setelah ziarah dilanjutkan dengan mengunjungi kediaman putra KH Sholeh Iskandar, H. Didi Hilman yang berlokasi di perumahan Sindangbarang Asri Bogor. Ketua DPD, di dampingi Wakil Sekretaris Bidang Hubungan Masyarakat yang juga anggota DPRD Kabupaten Bogor, Atma; menemui H. Didi Hilman. Rombongan diterima dengan akrab dan penuh kekeluargaan.

Seperti diketahui, KH Sholeh Iskandar dikenang sebagai pejuang kemerdekaan yang banyak jasanya dalam mempertahankan kemerdekaan di wilayah Ciampea, Leuwiliang, dan Pamijahan. KH Sholeh Iskandar memimpin 1.000 pejuang pada Batalyon VI, dan meledakkan tank Belanda model Sherman. Kini tempat bersejarah itu dikenal sebagai Kampung Tank, Cibungbulang (dalam buku : Bogor Masa Revolusi 1945-1950, Sholeh Iskandar dan Batalyon 0 Siliwangi. 2015).

“Kami, ingin mendapatkan nasihat bimbingan dan semangat seperti halnya KH Sholeh Iskandar,” ungkap Dedi membuka silaturahim.

Dedi berharap kunjungan itu memberi makna dalam perjungan yang dilakukan oleh KH Sholeh Iskandar yakni mempertahakan kemerdekaan dan menyatukan umat. Selaras dengan apa yang diungkapkan H. Didi Hilman menceritakan napak tilas KH Sholeh Iskandar.

“Almarhum, terkenal bukan saja sebagai pejuang, namun beliau juga pemersatu umat. Agar berjuang bersama mempertahankan kemerdekaan. Beliau juga perhatian dengan nasib umat dengan mendirikan BKSPP, Universitas Ibnu Khaldun Bogor, Rumah Sakit Islam, dan Pesantren Pertanian Darul Fallah, Ciampe,” papar Didi.

Ketika diminta untuk memberikan nasihat bagi PKS, Didi Hilman berharap PKS dapat menyatukan umat dan menjadi kebanggaan umat; sebagaimana yang dilakukan KH Sholeh Iskandar pada masa itu.

“PKS, dengan semangat muda mampu melakukan itu,” ujar Didi meyakinkan.

Kunjungan diakhiri dengan pemberian plakat yang disampaikan oleh Ketua DPD PKS Kabupaten Bogor, kepada H. Didi Hilman yang kini sehari-hari menjadi pengajar di Universitas Ibnu Khaldun Bogor.