by

Liga 1 2021 akan Segera Bergulir, Fisioterapis Klub Dihadapkan Tugas Berat

Inionline.id – Liga 1 2021 bakal segera bergulir. Ini sekaligus menjadi tantangan untuk fisioterapis klub dalam mengelola kesehatan pemain di era pandemi virus Corona.

Kompetisi sepakbola Indonesia bakal mulai bergulir laga pada Jumat (27/8/2021) dengan dibuka duel Bali United vs Persik Kediri di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Ini menjadi tantangan untuk penyelenggara pertandingan karena menandai debut kompetisi setelah terhenti satu setengah tahun akibat COVID-19.

Ada protokol kesehatan yang sangat ketat harus dipatuhi seluruh jajaran orang di klub selama perhelatan Liga 1. Di antaranya adalah melarang pemain tak boleh keluar dari hotel selain latihan dan pertandingan.

Aturan ketat tersebut juga menjadi tantangan bagi fisioterapis Persita Tangerang, Denny Shulton. Dia bersama rekan-rekannya harus jeli betul menjaga pemain terhindar dari cedera karena jika merujuk ke jadwal kompetisi, sejauh ini masih abu-abu.

“Menjaga para pemain terhindar cedera menjadi tugas berat. Hal paling penting saat ini kami juga harus mengingatkan para pemain agar selalu taat prokes. Andai ada satu yang positif, itu bisa sangat berbahaya,” kata Denny kepada detikSport.

“Terima kasih untuk PSSI dan PT LIB yang sudah berusaha membuat liga jalan. Semoga ke depan ini terus lancar tanpa halangan,” sambungnya.

Denny pernah bergabung dengan jajaran tim medis Timnas Indonesia di bawah arahan pelatih Shin Tae-yong. Dia punya pengalaman dalam situasi ini bagaimana mengelola pemain saat berada di luar negeri.

“Recovery training dan injury preventif sama aja. Cuma karena di hotel, ini bisa di area parkir hotel. Pesan tim kesehatan kepada pemain adalah untuk terus aktif olahraga meski di hotel,” ungkap mantan fisioterapis Kalteng Putra itu.

“Tanggung jawab saat di timnas dan klub sama aja. Waktu di Dubai sistem bubble. Satu hotel ada empat negara, yakni Indonesia, Vietnam, Thailand, dan Malaysia. Hotel juga tertutup untuk umum selama event dan akses lift juga dibagi untuk tiap negara,” sambungnya.

Persita bakal bertanding melawan Persipura Jayapura pada Sabtu (28/8/2021). Duel ini berlangsung di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor.