Kemnaker akan Mengembangkan Kejuruan Pariwisata di Solok

Ekonomi057 views

Inionline.id – Kementerian Ketenagakerjaan melalui Balai Latihan Kerja (BLK) Padang menyatakan komitmen mengembangkan kejuruan pariwisata dengan jurusan barista di Alahan Panjang, Lembah Gumanti, Solok, Sumatera Barat.

Hal itu diungkapkan dalam tinjauan pengembangan kejuruan yang dilakukan oleh Sekretaris Jenderal Kemnaker Anwar Sanusi di Solok, Jumat (20/8).

“Alhamdulillah hari ini saya dapat meninjau langsung lokasi yang nanti akan kita kembangkan workshop untuk balai latihan kerja di Solok,” ujar Anwar.

Dia menjelaskan, pengembangan kejuruan ini sejalan dengan amanat Presiden Joko Widodo yang tengah berfokus membangun sumber daya manusia Indonesia, setelah sebelumnya berfokus pada pembangunan infrastruktur.

Anwar meyakini, Solok memiliki potensi besar. Namun, potensi itu seharusnya didukung dan dikelola oleh SDM yang unggul dan profesional.

“Oleh karena itu, kami hadir bersama-sama pemerintah Solok untuk mengembangkan SDM, utamanya SDM yang ada di Solok, dan umumnya di Sumatera Barat,” ucapnya.

Di tempat terpisah, Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyatakan sangat mendukung terkait rencana pengembangan kejuruan pariwisata tersebut. Menurutnya, pengembangan kejuruan nantinya akan memberikan dampak nyata bagi perekonomian masyarakat.

“Nantinya keberadaan kejuruan ini akan meningkatkan perekonomian, memperluas kesempatan kerja, dan mengurangi angka pengangguran di sekitar wilayah Sumatera Barat,” ujar Ida.