Kementerian Sosial Datang Mendukung Vaksinasi Bagi Penyandang Disabilitas Di Majalengka

Berita057 views

Inionline.id – Kementerian Sosial melalui Balai “Wyata Guna” Bandung berpartisipasi dalam kegiatan vaksinasi COVID-19 untuk Penyandang Disabilitas yang dilaksanakan di Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat.

Dukungan Balai “Wyata Guna” berupa program layanan berbasis ATENSI (Asistensi Rehabilitasi Sosial) dan penyaluran bantuan paket sembako bagi 104 orang penyandang disabilitas peserta vaksinasi.

Vaksinasi dilaksanakan di Kantor Kecamatan Jatiwangi Kabupaten Majalengka. Peserta yang mengikuti vaksin adalah Penyandang Disabilitas yang telah didata oleh Dinas Sosial Kabupaten Majalengka.

Di Kabupaten Majalengka terdapat sekitar 819 Penyandang Disabilitas yang telah terdata di Dinas Sosial setempat, dan sekitar 70 orang telah mengikuti vaksinasi COVID-19. Salah satu kendala yang dihadapi petugas di lapangan dalam kegiatan vaksinasi yaitu sebagian besar penyandang disabilitas keberatan untuk divaksin dengan alasan khawatir akan dampaknya.

Memperhatikan hal ini, Balai “Wyata Guna” Bandung melakukan asesmen dan sosialisasi di Kabupaten Majalengka pada tanggal 18-20 Agustus 2021, dengan menugaskan Pekerja Sosial dan ASN (Aparatur Sipil Negara) Disabilitas Netra yang telah mengikuti Vaksinasi COVID-19 sebagai role model bahwa vaksin ini tidak berdampak negatif.

Sosialisasi yang dilakukan berhasil memberi edukasi bagi penyandang disabilitas, sehingga peserta vaksinasi mencapai 104 orang dari 53 orang yang awalnya bersedia untuk divaksin.

Pekerja Sosial Balai “Wyata Guna” Dani Widarman menyampaikan bahwa Balai “Wyata Guna” berperan aktif melakukan sosialisasi akan pentingnya vaksinasi COVID-19. Balai juga memberikan supporting bagi peserta vaksinasi berupa paket sembako, memfasilitasi antar jemput ke lokasi pelaksanaan vaksinasi oleh pegawai Balai dengan menggunakan mobil aksesibilitas milik Balai “Wyata Guna”.

Camat Jatiwangi, Rony Setiawan menyampaikan terima kasih kepada Balai “Wyata Guna” yang telah memberikan bantuan sosial yang sangat diperlukan oleh masyarakat. Ini bisa menjadi penyemangat bagi teman-teman disabilitas sehingga mereka terbantu untuk pemenuhan kebutuhan dasarnya, karena selama masa pandemi mereka sangat terdampak.

Melalui suksesnya pelaksanaan vaksinasi ini, semoga semakin banyak penyandang disabilitas yang bersedia untuk divaksin agar program pemerintah untuk mencapai herd immunity terhadap COVID-19 dapat tercapai.

Kegiatan vaksinasi ini dihadiri Petugas dari Balai “Wyata Guna” Bandung, Sekretaris Dinas Sosial dan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka beserta jajarannya, Camat Jatiwangi, Kepala Puskesmas Jatiwangi, Danramil Kecamatan Jatiwangi, serta perangkat desa Kecamatan Jatiwangi