India Melaporkan Lonjakan Corona Tertinggi dalam 2 Bulan Terakhir

Internasional057 views

Inionline.id – India kembali melaporkan lebih dari 46.000 kasus virus Corona (COVID-19) dalam sehari di wilayahnya. Angka ini mencetak rekor lonjakan kasus Corona tertinggi dalam dua bulan terakhir di wilayah India.

Sabtu (28/8/2021), kasus Corona tercatat kembali melonjak di wilayah Kerala beberapa waktu terakhir, setelah sebuah festival besar-besaran digelar di wilayah tersebut.

Data terbaru pemerintah India menunjukkan 46.759 kasus Corona terdeteksi dalam 24 jam terakhir di negara tersebut.

Dari angka itu, sekitar 70 persennya terdeteksi di wilayah Kerala yang pekan lalu menggelar festival lokal.

Data pemerintah juga menyebutkan sedikitnya 509 kematian akibat Corona tercatat dalam sehari di India.

Dengan lonjakan itu, total kasus Corona di India kini mendekati angka 32,7 juta kasus, dengan total 437.379 kematian.

Sementara itu, pada Jumat (27/8) waktu setempat, India mencetak rekor dengan melakukan vaksinasi Corona terhadap lebih dari 10 juta orang dalam sehari. Ini menjadi momen pertama angka vaksinasi harian di India menembus 10 juta, dan menggeser rekor sebelumnya dengan 9,2 juta vaksinasi Corona dalam sehari.

Menanggapi rekor terbaru ini, Perdana Menteri (PM) Narendra Modi menyebutnya sebagai ‘pencapaian penting’ bagi India di tengah kekhawatiran lonjakan kasus.

Secara keseluruhan, India telah menyuntikkan total lebih dari 622 juta dosis vaksin Corona, dengan lebih dari separuh 944 juta warga dewasa di negara ini telah menerima suntikan dosis pertama.

Pemerintah India menargetkan untuk memvaksinasi sekitar 1,1 miliar warga dewasa pada akhir tahun ini. Namun kekurangan pasokan vaksin, kebingungan administrasi dan keraguan warga menahan laju vaksinasi. Sejak Januari hingga saat ini, baru sekitar 15 persen warga yang telah disuntik dua dosis vaksin Corona.