Erick Thohir Mendorong Akses Permodalan di Kampung Nelayan

Ekonomi057 views

Inionline.id – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan akan mendorong akses permodalan di kampung nelayan. Hal ini khususnya untuk ibu-ibu di kampung nelayan.

Erick menjelaskan ia baru saja berkunjung ke koperasi nelayan. Jumlah anggota di koperasi tersebut ada 160 orang.

Namun, masih ada ibu-ibu nelayan yang belum mendapatkan akses permodalan dari program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) dari PT Permodalan Nasional Madani (Persero). Padahal, program itu sudah menyebar di banyak tempat.

“Ini kan bagus, bapak-bapaknya pulang bawa hasil, ibu-ibunya melakukan kegiatan produksi lebih baik. Tadi ada yang buat kerupuk, ada macam-macam turunannya,” ucap Erick saat wawancara, Jumat (20/8).

Erick menjelaskan permodalan yang diberikan dari program Mekaar sekitar Rp1 juta-Rp4 juta. Sejauh ini, sudah ada 10 juta nasabah Mekaar di Indonesia.

“(Nasabahnya) Ibu-ibu semua, jadi tadi saya bilang akses pendanaan harus hadir juga di tempat nelayan dan ini saya pastikan,” tegas Erick.

Selain itu, ia akan mengkaji agar Pertashop hadir di kampung nelayan. Dengan demikian, nelayan akan lebih mudah mendapatkan BBM dengan harga yang terjangkau.

“Saya langsung telepon Direktur Utama PT Pertamina (Nicke Widyawati) langsung berpikir mungkin tidak Pertashop hadir di tempat nelayan, nanti jaraknya dipikirkan,” jelas Erick.

Sebagai informasi, Pertashop adalah lembaga penyalur Pertamina skala kecil yang disiapkan untuk melayani konsumen BBM nonsubsidi dengan harga terjangkau.