by

Di Momen HUT RI Ke-76 Ma’ruf Amin Optimistis Bangkit Hadapi Pandemi

Inionline.id – Peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-76 RI akan digelar di Istana Merdeka. Wakil Presiden Ma’ruf Amin hadir bersama sang istri, Wury Estu Handayani, di Istana Merdeka.

Dilihat dari siaran langsung di akun YouTube Sekretariat Presiden, Ma’ruf dan istri tampak serasi mengenakan pakaian adat Sunda dari Sukabumi, Jawa Barat. Ma’ruf memakai setelan jas tertutup (beskap) dan celana panjang warna biru yang dipadukan dengan kain samping batik yang diikatkan di pinggang.

Sebagai pelengkap, Ma’ruf memakai penutup kepala berupa bendo dan bersepatu hitam. Adapun hiasan aksesori yang dikenakan berupa arloji rantai yang dijepitkan pada saku jas atas sebelah kiri menemani lambang kepresidenan.

Selaras dengan Ma’ruf, sang istri juga tampak anggun mengenakan kebaya bersulam warna biru polos dengan bawahan kain jarik putih bermotif batik khas Sunda yang biasa disebut sarung kebat atau sinjang bundel. Wury memakai kerudung sewarna kebaya dan juga beralas kaki sendal selop (kelom geulis).

Ma’ruf mengatakan peringatan HUT RI ini merupakan momen mengenang kembali Proklamasi 17 Agustus yang dicapai dari hasil perjuangan para pahlawan. Dia meminta semangat perjuangan itu harus terus dikembangkan.

“Pertama, tentu kita mengenang kembali Proklamasi 17 Agustus yang dicapai hasil perjuangan oleh para pejuang kita, sehingga semangat itu harus selalu kita tumbuhkan semangat juangnya, semangat persatuannya, dan semangat cinta tanah air juga kita terus kembangkan, terus kita hidupkan,” ujarnya.

Ma’ruf juga berpesan agar Indonesia tetap tangguh menghadapi pandemi ini. Ma’ruf meminta semua masyarakat menanamkan sikap optimisme untuk bangkit dan tumbuh sesuai cita-cita bangsa.

“Dan ketika sekarang kita sedang menghadapi pandemi sesuai dengan temanya, yaitu kita harus tangguh menghadapi gangguan ini, musibah ini, tapi kita juga optimistis punya semangat untuk bangkit, untuk tumbuh, dan sesuai dengan cita-cita kita, terus mengejar Indonesia maju,” tuturnya