Brasil Vs Spanyol: Asa La Rojita Menaklukkan Juara Bertahan Olimpiade

Inionline.id – Spanyol melaju ke partai final Olimpiade Tokyo 2020 dan akan menghadapi Brasil. La Rojita bertekad menaklukkan sang juara bertahan, serta meraih medali emas.

Final Olimpiade Tokyo 2020 menyajikan duel Spanyol menghadapi wakil Amerika Latin, Brasil. Pertandingan dijadwalkan berlangsung pada Sabtu (7/8/2021) di Yokohama Internasional Stadium.

Spanyol melaju ke partai puncak setelah berhasil menaklukkan tuan rumah Jepang 1-0. Gol kemenangan skuad asuhan Luis de la Fuente dicetak Marco Asensio di babak tambahan.

Sementara itu, Brasil susah payah meladeni perlawanan wakil Amerika Utara, Meksiko. Dani Alves dkk dipaksa bermain tanpa gol, sebelum akhirnya menang adu penalti 4-1.

Final kali ini menjadi pertemuan pertama buat Spanyol dan Brasil di Olimpiade sepanjang sejarah. Dua negara itu masing-masing telah menyabet satu kali medali emas di cabang sepakbola putra.

Spanyol mendapatkan medali emas pertama kala menjadi tuan rumah di Olimpiade Barcelona 1992. Adapun Brasil berstatus juara bertahan, menyusul keberhasilan meraih emas di Olimpiade Rio 2016.

Bagi Brasil, ini menjadi laga final ketiga mereka secara beruntun di Olimpiade. Seleccao memang menjadi kekuatan dominan di cabor sepakbola sejak meraih perunggu di Olimpiade Beijing 2008, serta perak di Olimpiade London 2012.

Dominasi itu yang ingin dipatahkan Spanyol di Olimpiade edisi tahun ini. Hal tersebut disampaikan salah satu penggawa Tim Matador, Pedri, menjelang laga final menghadapi Tim Samba.

“Sejak awal saya suka apabila melawan Brasil di final. Saya selalu senang bertanding melawan yang terbaik,” kata Pedri, dilansir dari Mundo Deportivo.

“Ini akan menjadi pertandingan yang sulit dan saya berharap kami memiliki kesempatan untuk menang. Itu merupakan sesuatu yang sangat bagus,” ujarnya.

Jadwal Final Sepakbola Putra Olimpiade 2020

Brasil vs Spanyol

Sabtu (7/8), pukul 18.30 WIB

Yokohama International Stadium.