Banjir Parah Menerjang Tennessee AS, 22 Orang Tewas

Internasional157 views

Inionline.id – Banjir parah menerjang wilayah Tennesse, Amerika Serikat (AS). Banjir tersebut menyebabkan 22 orang tewas dan banyak warga dinyatakan hilang.

Senin (23/8/2021), banjir terjadi pada Sabtu (21/8) di daerah pedesaan dan merusak jalan dan sejumlah fasilitas hingga menyebabkan sambungan telepon terputus.

Banjir tersebut terjadi usai hujan deras yang memecahkan rekor mengirim air banjir melonjak melalui Tennessee Tengah. Koordinator pengawas kesehatan dan keselamatan di Humphreys County Schools, Kristi Brown, mengatakan pekerja darurat sedang mencari dari pintu ke pintu.

Sheriff Humphreys County, Chris Davis, mengatakan banyak dari mereka yang hilang merupakan warga di lingkungan di mana air naik paling cepat. Nama-nama orang hilang telah ditampilkan di papan pusat darurat dan terdaftar di halaman Facebook departemen kota.

“Saya berharap, mengingat jumlah kematian, bahwa kita akan melihat sebagian besar upaya pemulihan pada saat ini daripada upaya penyelamatan,” kata Direktur Manajemen Darurat Tennessee, Patrick Sheehan.

Korban tewas termasuk balita kembar yang tersapu dari pelukan ayah mereka, menurut anggota keluarga yang masih hidup, dan seorang mandor di peternakan bintang musik daerah Loretta Lynn. Sheriff dari daerah berpenduduk sekitar 18.000 orang sekitar 96 kilometer barat Nashville mengatakan dia kehilangan salah satu sahabatnya.

Hujan hingga 43 cm turun di Humphreys County dalam waktu kurang dari 24 jam pada Sabtu (21/8). Layanan Cuaca Nasional mengatakan angka itu memecahkan rekor Tennessee untuk curah hujan satu hari lebih dari 8 sentimeter.

Gubernur Tennessee, Bill Lee, telah mengunjungi daerah itu. Dia menyebutnya sebagai gambaran yang menghancurkan dari kehilangan dan sakit hati.

Dia sempat berhenti di Main Street di Waverly di mana beberapa rumah tersapu bersih dari fondasinya dan orang-orang memilah-milah harta benda mereka yang tergenang air. Di seluruh county, ada puing-puing dari mobil yang rusak, bisnis dan rumah yang hancur, dan campuran barang-barang di dalamnya yang kacau balau.

“Saya pikir saya sudah terlalu terkejut dengan semua ini. Aku hanya menangisi temanku. Rumah saya bukan apa-apa, tapi teman saya sudah pergi,” kata salah satu warga, Foster kepada gubernur.

Hujan deras dengan cepat mengubah anak sungai yang mengalir di belakang halaman belakang dan melalui pusat kota Waverly menjadi jeram yang mengamuk. Pemilik bisnis, Kansas Klein, berdiri di sebuah jembatan pada hari Sabtu di kota berpenduduk 4.500 orang dan melihat dua gadis yang berpegangan pada seekor anak anjing dan berpegangan pada papan kayu melewatinya, arusnya terlalu cepat bagi siapa pun untuk menangkapnya. Dia belum mengetahui apa yang terjadi pada mereka.

Tidak jauh dari jembatan, Klein mengatakan kepada The Associated Press melalui telepon bahwa puluhan bangunan di daerah perumahan berpenghasilan rendah yang dikenal sebagai Brookside tampaknya telah menanggung beban banjir bandang dari Trent Creek.

“Itu menghancurkan: bangunan dirobohkan, setengahnya hancur. Orang-orang menarik keluar mayat orang-orang yang tenggelam dan tidak berhasil keluar,” kata Klein.