by

Bali Masuk Dalam Daftar Destinasi Wisata dengan Sunset Terindah di Dunia

Inionline.id – Matahari terbenam alias sunset dengan semburat jingga di langit barat memang selalu menyuguhkan pemandangan yang indah. Bahkan tak sedikit traveller yang mengunjungi suatu objek wisata untuk berburu pemandangan matahari terbenam ini.

Bicara soal wisata berburu sunset, ada banyak tempat di berbagai belahan dunia yang menawarkan keistimewaan ini. Tak terkecuali Indonesia dengan pantai-pantainya yang indah. Kalau begitu, di manakah destinasi wisata dengan sunset terindah di dunia?

Baru-baru ini, Use Bounce, sebuah agen perjalanan yang berbasis di Amerika Serikat mengungkap daftar destinasi wisata dengan pemandangan sunset terindah di dunia tahun 2021. Demi menyusun daftar tersebut, tim mereka menjalankan beberapa metodologi dan menentukan penilaian berdasarkan sunset score.

Mereka mengumpulkan sejumlah artikel yang merekomendasikan destinasi wisata tersebut, jumlah unggahan destinasi wisata dengan tagar “sunset” atau “sunrise” per 16 Juni 2021 di Instagram. Use Bounce juga mengukur keindahan sunset dari tingkat kecerahannya dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga Light Pollution Map. Hasilnya, urutan pertama sunset terbaik dunia tahun 2021 diraih Santorini di Yunani.

Nomor Dua Setelah Santorini

Menurut daftar yang disusun Use Bounce, Santorini memiliki 12 artikel dan 108.109 postingan tentang sunset. Skor yang diperoleh adalah 8,29 dari 10. Keindahan Santorini memang sudah banyak diakui.

Bangunan putih dengan atap biru di perbukitan yang khas membuat paduan indah dengan latar pemandangan yang memukau.Yang menarik dan membanggakan, Bali berhasil masuk ke dalam daftar sunset terindah di dunia.

Bali berada di peringkat kedua dengan 5 artikel dan 174.966 postingan tentang sunset. Skor yang diperoleh adalah 7,13 dari 10. Di Bali, Anda dapat menyaksikan matahari terbenam dengan minuman atau makan di salah satu bar pinggir laut dan restoran saat matahari terbenam di balik laut.

Anda yang pernah atau bahkan sering ke Bali tentu tahu kalau Pulau Dewata tersebut punya banyak spot menarik untuk menikmati sunset, salah satunya di Tanah Lot. Bali berhasil mengalahkan sejumlah destinasi wisata populer dunia lainnya, seperti Hawaii yang berada di peringkat ketiga, dan Maldives yang menempati peringkat kedelapan.

Langganan Masuk Daftar Destinasi Wisata Favorit Dunia

Tak hanya pemandangan sunset terindah, Bali juga beberapa kali masuk daftar destinasi wisata favorit dunia. Di masa pandemi Covid-19 ini, banyak orang rindu terhadap tempat-tempat wisata yang pernah dan bahkan ingin mereka kunjungi.

Lewat Instagram, mereka kemudian mengunggah potret tempat yang dirindukan (worlds missed places) yang mereka ingin kunjungi segera. Beberapa periset menunjukkan dengan tepat situs, objek wisata, dan landmark yang paling orang rindukan dengan mengekstraksi data lokasi dari 208.362 unggahan di Instagram dengan tagar #TakeMeBack dan menyusunnya berdasarkan lokasi, seperti dilansir dari Daily Mail, pada Juni 2020.

Destinasi wisata yang paling dirindukan oleh para pelancong adalah Kompleks Piramida Giza di Mesir, Bali di Indonesia, dan Santorini di Yunani. Sementara, kota-kota yang paling dirindukan adalah New York, kemudian Paris dan London.

Tower Bridge di Inggris menjadi spot yang paling dirindukan, dilanjutkan dengan London Eye dan Buckingham Palace menempati posisi kedua dan ketiga. Di Amerika ada nama Brooklyn Bridge, diikuti Times Square dan Central Park.

Berikut daftar 20 destinasi dengan pemandangan sunset terbaik dunia versi Use Bounce:

1. Santorini-Yunani
2. Bali-Indonesia
3. Hawaii-Amerika Serikat
4. Rio de Janeiro-Brasil
5. Grand Canyon National Park-Amerika Serikat (AS)
6. Angkor Wat-Kamboja
7. Key West-Florida, AS
8. Maladewa-Maladewa
9. Haleakala-AS
10. Uluru-Australia
11. Serengiti-Tanzania
12. Ibiza-Spanyol
13. Isle of Skye-Inggris
14. Boracay-Filipina
15. Taj Mahal-India
16. Sydney-Australia
17. Bagan-Myanmar
18. Bora-Bora-Polinesia Prancis
19. Martha’s Vineyard-AS
20. Venesia-Italia