Airlangga: Pemerintah Berkomitmen Vaksinasi 70% Penduduk Akhir Tahun Ini

Nasional057 views

Inionline.id – Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan vaksinasi COVID-19 merupakan game changer. Airlangga mengatakan pemerintah berkomitmen untuk memvaksinasi 70 persen penduduk Indonesia akhir tahun ini.

“Saya melihat vaksinasi adalah game changer dan pemerintah commit diharapkan di akhir tahun ini kita bisa memvaksinasi 70 persen daripada penduduk di Indonesia,” kata Airlangga, di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (19/8/2021).

Airlangga mengakui target ini molor dari sebelumnya yang direncanakan tercapai pada Agustus. Hal ini disebabkan sejumlah negara menghentikan sementara pengiriman vaksin COVID-19 karena merebaknya varian Delta di negaranya.

“Pertama, seluruh dunia membutuhkan vaksin. Kedua, dengan varian Delta terjadi peningkatan kebutuhan vaksin. Jadi beberapa negara mengerem pengiriman vaksin,” jelasnya.

Kendati demikian, Airlangga memastikan ratusan dosis vaksin COVID-19 tetap dikirim hingga akhir tahun mendatang. Dalam waktu dekat ini, misalnya, Indonesia akan mendapatkan tambahan dosis vaksin Moderna dan Pfizer.

“Tapi mereka sudah komitmen bahwa sampai akhir tahun sesuai yang dipesan di Indonesia, yaitu 420 juta itu tetap dikirim. Sehingga tentu ketersediaan vaksin itu kunci,” ujarnya.

“Sehingga kita baru mendapatkan Moderna dan dalam waktu dekat Pfizer akan masuk. Karena Moderna dan Pfizer menjadi salah satu jumlah vaksin yang akan masuk ke Indonesia,” sambung Airlangga.