4 Cara ini Dapat Mencegah Kambuhnya Alergi Debu ketika Berada di Rumah

Kesehatan057 views

Inionline.id – Seseorang yang alergi debu atau serbuk bunga juga bisa mengalami kambuhnya alergi walau hanya di rumah saja. Hal ini mungkin dialami oleh seseorang akibat beberapa sebab.

Pada saat kamu lebih lama berada di rumah, kamu akan membuka pintu dan jendela lebih sering dan lama dibanding sebelumnya. Situasi ini menyebabkan lebih banyak serbuk sari atau partikel lain yang terbawa angin dan menempel di rumah.

“Walau kamu mungkin berada di dalam ruangan dalam waktu yang lama, namun sekali kamu keluar, gejala alergi ini bakal terjadi terus-menerus bahkan setelah kamu tidak terpapar,” terang Dr. Anne K. Ellis, professor dari Queen’s University dilansir dari Healthline.

Mengatasi kambuhnya alergi ketika di rumah ini bisa kamu upayakan dengan melakukan sejumlah cara. Dilansir dari Healthline berikut sejumlah hal yang bisa dilakukan untuk menceghah kambuhnya alergi ketika berada di rumah.

1. Bersihkan Rumah secara Teratur

Pastikan rumah selalu dalam kondisi bersih secara terus-menerus. Hindari menumpuknya debu pada rak atau bagian-bagian rumah lain baik yang terbuka maupun yang cukup tertutup.

Pastikan juga untuk mencuci handuk, seprai, sarung bantal, serta lap lebih sering ketika kamu mengalami masalah alergi. Hal ini bisa sangat bermanfaat untuk menghilangkan debu yang menempel.

2. Jangan Terlalu Sering Membiarkan Pintu dan Jendela Terbuka

Walaupun sedang berada di rumah terus-menerus, namun kamu sebaiknya tidak membiarkan pintu dan jendela terus terbuka. Buka secukupnya saja dan pastikan untuk menutupnya secara rapat.

Kamu bisa membukanya di pagi hari agar udara segar masuk ke dalam rumah. Namun pastikan untuk menutupnya ketika angin kencang berembus agar tidak ada banyak debu yang masuk.

3. Cuci Muka

Selain mencuci tangan, mencuci muka juga penting untuk dilakukan pada masa-masa seperti ini. Hal ini terutama untuk membersihkan area sekitar mulut dan hidung dari hal-hal yang bisa menyebabkan alergi.

Kamu juga bisa membersihkan area lubang hidung sembari mencuci muka. Hal ini bisa membersihkan hidung dari sejumlah hal yang mungkin menempel pada bulu hidung dan bisa menyebabkan alergi.

4. Lapisi Lubang Hidung

Membuat lapisan di lubang hidung seperti penggunaan pelembap bisa membantu mencegah terjadinya alergi pada saat di rumah. Hal ini membuat terdapat lapisan lain yang bisa membantu mencegah munculnya penyebab alergi pada diri seseorang.

Sejumlah hal tersebut bisa kamu lakukan untuk mencegah terjadinya masalah alergi ketika berada di rumah saja. Pastikan untuk terus melakukannya terutama ketika kamu memiliki masalah alergi.