by

10 Fakta Kemenangan Manchester United atas Leeds United di Liga Inggris

Inionline.id – Manchester United berpesta gol ke gawang Leeds United di laga pembuka Liga Inggris 2021/2022. Berikut ini 10 fakta kemenangan Setan Merah atas The Peacocks.

Pekan pertama Premier League menyajikan Roses Derby antara MU vs Leeds di Old Trafford, Sabtu (14/8/2021) malam WIB. Tim tuan rumah berpesta gol 5-1 atas tim tamu.

Bruno Fernandes menjadi bintang dengan torehan tiga golnya di menit ke-30, 54 dan 60. Dua gol MU lainnya dibukukan Mason Greenwood (52′) dan Fred (68′), sementara gol tunggal Leeds dicetak Luke Ayling (48′).

Hasil positif kali ini membawa Manchester United melejit ke posisi pertama klasemen sementara Liga Inggris dengan tiga poin. Sementara itu, Leeds jeblos ke posisi buncit.

Berikut ini 10 fakta kemenangan MU atas Leeds United, seperti dirangkum dari Opta:

– Manchester United memenangkan pertandingan pembuka Premier League musim ini untuk ke-20 kalinya, serta menjadi klub pertama yang melakukan itu sepanjang sejarah kompetisi.

– Leeds telah kebobolan 5+ gol dalam dua pertandingan tandang terakhir mereka melawan Manchester United di semua kompetisi (2-6 di liga musim lalu). Jumlah itu menyamai kekalahan telak mereka dalam 50 pertandingan tandang sebelumnya melawan Setan Merah.

– Manchester United menjaringkan lima gol dalam pertandingan pembuka Premier League mereka untuk kedua kalinya, setelah mengalahkan Fulham 5-1 pada Agustus 2006. Adapun Leeds kebobolan lima gol dalam pertandingan pembuka Liga Inggris untuk pertama kalinya.

– Bruno Fernandes telah terlibat langsung dalam 48 gol Premier League (29 gol, 19 assist) sejak debutnya di kompetisi pada Februari 2020. Jumlah tersebut empat kali lebih banyak dari pemain lain saat ini.

– Paul Pogba menjadi pemain ketujuh dalam sejarah Premier League yang membuat empat assist dalam satu pertandingan di kompetisi tersebut. Dia menyamai pencapaian Dennis Bergkamp, José Antonio Reyes, Cesc Fàbregas, Emmanuel Adebayor, Santi Cazorla dan Harry Kane.

– Luke Ayling mencetak gol pertamanya di Liga Inggris dalam penampilan ke-39 di kompetisi dan dari tembakan ke-25.

– Mason Greenwood menjadi pemain muda dengan pencetak gol terbanyak kelima dalam sejarah Liga Premier. Koleksi 18 golnya di kompetisi dalam usia di bawah 20 tahun hanya kalah dari Michael Owen (40), Robbie Fowler (35), Wayne Rooney (30) dan Nicolas Anelka (19).

– Hat-trick Bruno Fernandes untuk Manchester United adalah yang ke-10 yang dicetak pada pekan pembukaan dalam sejarah Liga Premier.

– Bruno Fernandes menjadi pemain Manchester United pertama yang mencetak hat-trick pada hari pembukaan liga sejak Lou Macari vs Birmingham pada 1977/1978.

– Leeds United menjadi klub pertama yang kebobolan hat-trick di laga pembuka Premier League dalam dua musim beruntun (sebelumnya oleh Mohamed Salah pada 2020/2021).