Selama 2 Bulan India Mencatat Lebih dari 45 Ribu Kasus Jamur Hitam

Internasional257 views

Inionline.id – Kementerian kesehatan India mencatat lebih dari 45.000 kasus jamur hitam yang mematikan selama dua bulan terakhir. Kasus jamur hitam melonjak ketika wabah Corona melanda di India.

Kamis (22/7/2021), Menteri Kesehatan Muda, Bharati Pravin Pawar mengatakan kepada parlemen bahwa lebih dari 4.200 orang telah meninggal karena jamur dengan nama ilmiah mucormycosis.

Infeksi ini sebelumnya dianggap sangat jarang, tetapi kasusnya membengkak selama pandemi, biasanya menyerang pasien setelah sembuh dari COVID-19.

Ini adalah penyakit yang sangat agresif dan ahli bedah telah dipaksa untuk menghilangkan mata, hidung dan rahang dari pasien untuk menghentikan penyebarannya ke otak.

Tingkat Kematian Lebih dari 50%

Menurut data pemerintah, jumlah kasus tertinggi dilaporkan di negara bagian barat Maharashtra yaitu 9.348.

India hanya menangani rata-rata 20 kasus per tahun sebelum pandemi, dengan hanya orang-orang dengan kekebalan yang sangat terganggu yang berisiko, termasuk mereka yang memiliki kadar gula darah tinggi, HIV atau penerima transplantasi organ.

Para ahli mengaitkan kenaikan baru-baru ini dengan penggunaan steroid yang berlebihan untuk mengobati COVID-19.

Pemerintah India menyatakan jamur itu sebagai epidemi pada bulan Mei ketika kasus-kasus melonjak dan media sosial telah dibanjiri dengan permohonan putus asa untuk obat-obatan untuk mengobati penyakit tersebut.

Data pemerintah yang diajukan pada Selasa (20/7) menunjukkan jumlah infeksi memuncak selama Mei dan Juni dan sejak itu menurun secara substansial.

Namun surat kabar Hindustan Times melaporkan Senin (19/17) bahwa telah terjadi peningkatan kasus di antara anak-anak di negara bagian Rajasthan.