Ridwan Kamil Umumkan Tahap I Pelabuhan Patimban Siap Digunakan, M Ichsan Ingatkan Dampak Lingkungannya

Antar Daerah057 views

Bandung, Inionline.id – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan bahwa Pelabuhan Patimban Subang, tahap satu sudah mulai bisa digunakan. Pelabuhan ini akan menjadi yang terbesar dan tercanggih jika seluruh pembangunannya rampung 100 persen dengan kapasitas dua kali lipat dari Pelabuhan Tanjung Priok.

“Pelabuhan sudah beres tahap satu, proyek Kementerian Perhubungan itu sudah bisa dilihat. Jadi bisa sambil main ke Patimban melihat mobil-mobil masuk kapal raksasa yang diekspor ke Brunei. Pelabuhan sudah terjadi dan diresmikan oleh Pak Jokowi,” kata Ridwan Kamil, Selasa (13/07/2021).

Menanggapi hal tersebut anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat, Mochamad Ichsan Maoluddin mengingatkan Ridwan Kamil dan Pemerintah Pusat agar Pelabuhan Patimban Subang memperhatikan dampak pembangunannya.

“Saya kira kalau dari sisi pembangunan itu adalah salah satu bagian yang merupakan kemajuan, punya landasan pelabuhan yang dikelola oleh Pemerintah Jawa Barat yang nantinya akan berimplikasi pada pertumbuhan ekonomi daerah yang ada disekitarnya,” ujar Ichsan.

Namun Ichsan mengingatkan secara tegas dampak lingkungan dari pembangunan pelabuhan tersebut harus tetap diperhatikan.

“Jadi memang selalu beririsan antara pembangunan di sebuah wilayah itu dengan lingkungan, karena yang menjadi mitra kerja Komisi IV DPRD Jabar itu selain perhubungan, binamarga, juga dinas lingkungan hidup, jangan sampai saling bertabrakan atau saling menghalangi,” kata Ichsan.

Selain itu, politisi PKS ini menambahkan harus ada keseimbangan antara pembangunan dengam ekses yang ditimbulkan.

“Apakah nantinya akan merubah tata ruang hijau di Jawa Barat yang sebelumnya menjadi unsur penyangga lingkungan,” tutup Ichsan.