PPP Menilai Vaksinasi Berbayar Bisa Diartikan Manfaatkan Situasi saat Pandemi Covid-19

Politik057 views

Inionline.id – Anggota Komisi VI DPR RI Achmad Baidowi khawatir terjadi komersialisasi vaksin Covid-19. Akibat kebijakan pemerintah menjual vaksin gotong royong untuk individu melalui PT Kimia Farma.

“Yang kita khawatirkan adanya komersialisasi di bidang kesehatan,” ujar politikus yang akrab disapa Awiek kepada wartawan, Senin (12/7).

Awiek mengatakan, secara bisnis Kimia Farma masih bagus karena bisnis kesehatan tengah booming saat pandemi. Hal ini, bisa ditafsirkan banyak pihak menjual vaksin Covid-19 untuk memanfaatkan situasi.

“Kalau Kimia Farma saya kira bisnisnya di tengah pandemi ini masih bagus. Karena bisnis kesehatan di era pandemi ini lagi booming. Masalahnya ini bisa ditafsirkan bagian dari memanfaatkan situasi. Jangan sampai dikesankan ada komersialisasi di bidang kesehatan,” tegas Ketua DPP PPP ini.

Di sisi lain, perlu diakui langkah Kimia Farma ini untuk membantu terbentuknya herd immunity dengan membantu pemerintah menyukseskan program vaksinasi. Hanya saja masih banyak masyarakat menolak vaksinasi.

“Memang kita harus mengakui bahwa langkah Kimia Farma tersebut untuk membantu terbentuknya herd immunity yakni membantu pemerintah menyukseskan vaksinasi. Masalahnya ada di masyarakat yang menganggap tidak penting vaksin bahkan menghindar karena takut,” kata Awiek.