Polri Mengerahkan Ormas untuk Memperkuat Penyekatan

Inionline.id – Polri akan memperketat pos penyekatan dalam upaya penegakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Sejumlah pihak akan dikerahkan, salah satunya organisasi masyarakat (ormas) untuk memperkuat pos penyekatan.

Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Istiono penyekatan harus dilakukan secara intensif dengan sasaran pembatasan mobilitas komunitas melalui aktifasi PPKM Mikro.

“Lalu, PPKM Mikro secara simultan harus diaktifkan dengan menekankan pendisiplinan warga karena keberhasilan PPKM Mikro akan berdampak positif terhadap PPKM darurat,” ujarnya dalam keterangannya, dikutip Minggu (11/7).

Dikatakannya, pihaknya akan melibatkan semua lapisan masyarakat sampai ke level Mikro baik ormas, karang taruna, hingga tenaga pengamanan perumahan yang telah memiliki sertifikat vaksin tahap satu dan dua.

“Pergerakan masyarakat harus dibatasi mulai lingkup RT-RW hingga Desa,” katanya.

Tak hanya itu, dia juga akan mengerahkan petugas guna mengoptimalkan kegiatan patroli terbuka terhadap objek publik di segala sektor baik esensial, non esensial maupun kritical.

“Harus dilakukan untuk memastikan aturan PPKM Darurat berjalan sesuai ketentuan,” tegasnya.