Nadiem: PKN untuk Melahirkan Generasi Pemimpin Baru

Pendidikan157 views

Inionline.id – Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) untuk para pejabat kementerian dan lembaga. Mendikbudristek, Nadiem Makarim menyebut PKN ini untuk melahirkan generasi pemimpin baru.

“Kami tengah mengupayakan lahirnya generasi pemimpin baru dengan kemauan yang kuat untuk mengabdi pada negara,” kata Nadiem dalam Penutupan Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan VI Tahun 2021, Selasa, 13 Juli 2021.

PKN tingkat dua ini diikuti 57 peserta. Dimulai dari 23 Maret 2021 hingga 13 Juli 2021.  Nadiem berharap pelaksanaan PKN dapat melahirkan para pemimpin yang mampu menciptakan lingkungan kerja yang mendorong pembelajaran dan inovasi.

Terlebih pemimpin yang berani mengambil risiko dalam menemukan solusi.  “Pemimpin perlu menemukan solusi atas tantangan struktural yang menghambat kerja. Perubahan di aspek struktural kemudian perlu diikuti perubahan kultural, agar terbentuk mentalitas yang berorientasi pada kemajuan,” sebut Nadiem.

Kepada para alumni peserta PKN, Nadiem juga berpesan nantinya untuk bekerja secara kolaboratif. Sebab, menurutnya pemimpin tidak bisa bekerja sendirian.

“Seperti yang saya tekankan pada berbagai kesempatan, pemimpin harus bisa berkolaborasi. Kolaborasi dan gotong royong adalah asas kerja yang perlu terus diperkuat,” tutup Nadiem.