Ketua fraksi PAN DPRD Jabar Sayangkan Masuknya TKA dimasa PPKM Darurat Jawa-Bali

Berita057 views

Inionline.id – Wakil Ketua MPR, Zulkifli Hasan merespon kabar adanya tenaga kerja asing (TKA) asal Cina yang masuk Indonesia melalui Sulawesi Selatan (Sulsel) di tengah pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) Darurat di Jawa dan Bali.

Zulhas- panggilan Zulkifli Hasan- menilai, pembiaran TKA Cina masuk Indonesia telah melukai rasa keadilan.

“Hal ini melukai rasa keadilan masyarakat dan berpotensi membuat pemerintah dianggap inkonsisten dalam menerapkan kebijakan,” ujar Zulhas lewat keterangan tertulis, Senin (5/7).

Senada dengan Zulhas, Ketua Fraksi PAN DPRD Jawa Barat, Supono pun menyangkan adanya TKA asal China melalui Sulses di masa PPKM Darurat Jawa-Bali.

“Sebagai kader PAN dan kawan-kawan PAN memiliki pandangan yang pertama kami mendukung langkah Pemerintah menerapkan PPKM Darurat akibat lonjakan Covid, di sisi lain kita menyayangkan masuknya tenaga kerja asing, dibukanya bandara maupun arus keluar-masuknya manusia yang diduga tidak dikarantina dahulu itu masuk di beberapa daerah,” ujar Supono, Selasa (06/07/2021).

Legislator asal Kabupaten Bogor ini menyayangkan kebijakan pemerintah dimana Warga Negara Indonesia (WNI) kegiatannya serba dibatasi namun disisi lain para tenaga kerja asing diberikan kelonggaran yang tidak hanya sudah vaksin.

“Yang kedua kami membutuhkan penjelasan dari pemerintah itu apalagi kalau TKA itu sebenarnya tenaga kerja yang bisa diisi oleh tenaga kerja Indonesia, dimana pendapatan masyarakat akibat pandemi Covid-19 ini juga berpengaruh,” pungkas Supono.