ketika Mengalami Masalah Tekanan Darah Tinggi ini 6 Tanda yang Ditunjukkan Tubuh

Kesehatan157 views

Inionline.id – Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu masalah kesehatan yang rentan dialami. Salah satu faktor yang bisa menyebabkan masalah ini adalah konsumsi makanan terutama daging kambing berlebihan di masa Idul Adha ini. Hal ini bisa Menyebabkan masalah tekanan darah tinggi.

Selain makanan, ada banyak faktor yang mempengaruhi masalah tekanan darah tinggi seperti usia, sejarah kesehatan keluarga, obesitas, aktivitas fisik, kebiasaan merokok, dan konsumsi alkohol. Jika faktor-faktor ini dan tekanan darah tak segera disadari, akan memicu banyak masalah kesehatan seperti gagal ginjal, penyakit jantung, dan stroke.

Kondisi hipertensi atau tekanan darah tinggi ini biasanya diawali oleh sejumlah tanda kesehatan yang bakal muncul. Mengetahui hal ini secara lebih cepat bisa sangat membantu dalam mengatasi masalah kesehatan ini.

Terdapat beberapa gejala dari hipertensi atau tekanan darah tinggi yang harus diketahui sebagai penanda kondisimu. berikut sejumlah gejala yang menandai bahwa kamu memiliki darah tinggi.

Sakit Kepala

Ketika tekanan darah berada di atas 180/110 mmHg, kamu bisa mengalami sakit kepala. Namun sakit kepala biasanya tak muncul pada kondisi hipertensi yang ringan. Sakit kepala yang terus-menerus adalah gejala dari tekanan darah yang melonjak naik, keadaan yang lebih serius dari tekanan darah tinggi yang ringan.

Mimisan

Mimisan juga merupakan tanda dari tekanan darah tinggi pada tahap awal. Jika kamu memiliki tekanan darah tinggi dan mengalami mimisan tiba-tiba dan sulit dihentikan, lebih baik segera temui dokter dan periksakan diri.

Muncul Titik Darah pada Mata

Jika terdapat titik darah pada bola mata, sebaiknya waspadalah. Titik darah tersebut bisa jadi pembekuan darah akibat hipertensi atau tekanan darah tinggi. Ketika memeriksakan diri ke dokter, coba minta dokter untuk memeriksa tekanan darah, sebelum menghilangkan titik darah pada mata.

Mati Rasa

Mati rasa atau rasa kesemutan bisa menjadi tanda awal dari stroke yang disebabkan oleh meningkatnya tekanan darah. Hipertensi atau tekanan darah tinggi yang tak segera dikontrol bisa menyebabkan kerusakan saraf yang memunculkan gejala ini.

Mual dan Muntah

Tanda lain dari tekanan darah tinggi adalah mual dan muntah. Meski mual dan muntah bisa terkait dengan penyakit dan masalah kesehatan lainnya, namun ada yang membedakan jika mual dan muntah disebabkan oleh tekanan darah tinggi. Biasanya seseorang juga akan mengalami pandangan yang kabur dan napas yang pendek-pendek.

Vertigo

Rasa pusing disertai dengan kepala yang terasa ringan dan vertigo juga bisa menjadi gejala dari tekanan darah tinggi. Gejala semacam ini tak boleh diabaikan, terutama jika muncul secara tiba-tiba. Sementara itu, rasa pusing dan vertigo yang disertai dengan kesulitan berjalan dan pingsan bisa menjadi gejala awal dari stroke.

Deretan gejala tersebut merupakan tanda yang bisa muncul ketika serangan tekanan darah tinggi atau hipertensi menyerangmu. Sangat penting untuk segera melakukan penanganan ketika masalah ini kamu alami.