Ini 4 Manfaat Mengejutkan yang Bisa Kita Peroleh ketika Memasak

Kesehatan057 views

Inionline.id – Masa pandemi COVID-19 seperti saat ini menjadikan banyak orang memiliki waktu untuk memasak bagi diri sendiri. Tanpa disadari, kebiasaan ini menjadikan seseorang bisa memperoleh manfaat serupa terapi.

Aktivitas ini bisa meredakan berbagai masalah seperti stres, kecemasan, serta depresi. Sejumlah masalah mental tersebut merupakan hal yang banyak dialami di masa pandemi ini.

Memasak juga direkomendasikan ole terapis sebagai cara mengatasi masalah mental. Memasak bahkan menjadi salah satu cara perawatan dan dilakukan seseorang agar berfokus pada suatu hal positif.

Sebagai sebuah hobi, memasak merupakan hal yang menyenangkan dan juga bisa meningkatkan keterampilan di saat bersamaan. Berikut sejumlah manfaat yang bisa diperoleh dari memasak.

Menyehatkan Mental dan Fisik

Ketika memasak untuk diri sendiri, kamu bisa memilih bahan yang bermanfaat bagi kesehatan otak. Kamu bisa memilih makanan yang meredakan masalah mental.

Asam amino, asam lemak omega-3, vitamin C, zinc, dan magnesium merupakan sejumlah nutrisi yang bisa mencerahkan pikiran. Makanan dengan kandungan anti peradangan bisa menurunkan stres oksidatif, menurunkan peradangan, meningkatkan gula darah, serta menurunkan risiko sindrom meabolisme. Hal ini menjadikan memasak bermanfaat bagi kesehatan mental dan fisik.

Merekatkan Hubungan dengan Keluarga

Memasak bersama dengan anggota keluarga bisa membantu mempererat hubungan. Memasak membutuhkan komunikasi dan kerja sama dari berbagai pihak agar makanan bisa matang tepat waktu. Hal ini juga membantu seseorang mempelahari manajemen konflik karena mereka harus berkompromi dengan rasa.

Menenangkan

Memasak membuat kita hidup di waktu ini dan menikmati setiap waktu dan tindakan yang kita lakukan. Hal ini membuatmu tidak berpikir berlebih tentang masa lalu atau pun masa depan. Aktivitas ini bisa mengalikan masalahmu dan membantu dalam menyelesaikan tugas-tugas kecil.

Aktivitas Fisik

Memasak membutuhkan banyak aktivitas fisik baik untuk memotong,mengaduk, serta mencampur bumbu. Walau tidak sama dengan olahraga rutin, memasak bisa jadi jalan keluar bagi gaya hidup kurang gerak serta menjadi pilihan sehat bagi makanan.

Terapi memasak juga bisa memberi stimulasi mental bagi orang tua, difabel, serta mengalami tekanan mental. Memasak memberi rasa kebebasan serta kepemilikan terhadap makanan yang mereka buat.