Empati Tinggi, Iwan Suryawan Bagikan Hadiah Bagi Nakes Puskesmas Se-Kota Bogor

Antar Daerah157 views

Inionline.id – Tak ada yang menyangka, mata rantai penyebaran Covid-19 di Jawa Barat belum juga bisa dihentikan. Kota Bogor menjadi salah satu kota dengan angka penyebaran yang tinggi. Kondisi ini memaksa para Tenaga Kesehatan (Nakes) untuk bekerja sangat ekstra demi menyelamatkan banyak nyawa.

Tuntutan kerja yang begitu berat, minimnya waktu berkumpul bersama keluarga, mengenakan APD selama berjam-jam, rasa khawatir akan terpapar covid-19 menjadi nuansa yang mewarnai hari-hari para Nakes. Lambatnya pencairan pun menambah panjang daftar penderitaan para Nakes.

Memahami kondisi tersebut, Anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Jawa Barat Iwan Suryawan selama sepekan mengunjungi para tenaga kesehatan yang ada di Puskesmas. Tak tanggung-tanggung, seluruh Puskesmas di Kota Bogor dengan total jumlah 24 Puskesmas didatangi oleh Abah Iwan, panggilan akrabnya.

Abah Iwan sengaja datang ke seluruh Puskesmas untuk memberikan apresiasi dan dukungan moril kepada para Nakes. Silaturahim dengan para Kepala Puskesmas dan Staff hadirkan banyak aspirasi dan masukan untuk Abah Iwan. Tak sedikit para nakes ini yang curhat akan kondisi di tempat kerja mereka, dimana rekan kerja sesama Nakes juga banyak yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman).

Kepala Puskesmas Sindangbarang Kecamatan Bogor Barat dr. Rina Erliati terlihat kaget sekaligus terharu saat melihat Abah Iwan tiba-tiba muncul di depan ruang kerjanya. “Tak menyangka diberi apresiasi seperti ini oleh Anggota Dewan. Selama ini kadang kami sudah kerja maksimal tapi tetap ada saja yang menyalahkan. Kehadiran Abah Iwan hadirkan motivasi dan semangat bagi saya dan semua Nakes disini” ucap Rina.

Mendengar langsung penuturan para Nakes di Puskesmas, Abah Iwan sampaikan keprihatinannya. “Sengaja saya bersilaturahim untuk memberikan apresiasi, berterima kasih pada seluruh nakes di Puskesmas. Para Nakes sejatinya adalah pahlawan di masa pandemi ini. Pengorbanannya sudah tak bisa dinilai dengan materi” ujar Abah Iwan.

Abah Iwan melanjutkan, kunjungan ini diharapkan bisa memberikan motivasi dan suntikan semangat pada para Nakes, yakinkan mereka bahwa mereka tidak sendiri. PKS dengan semua elemen di dalamnya akan selalu bersinergi dan siap membantu para Nakes.

“PKS sendiri punya satuan tugas khusus yang fokus tangani pandemi covid-19 ini. Satgas Covid-19 PKS ada dari tingkat Pusat hingga tingkat ranting atau kelurahan. Semoga keberadaan Satgas ini bisa bantu mengurangi beban kerja dari para Nakes di Kota Bogor” tambah Abah Iwan yang juga sebagai Ketua Satgas Covid 19 DPW PKS Jawa Barat, Jum’at (23/07/2021).

Angga Alan S Ketua Satgas Covid-19 DPD PKS Kota Bogor turut ikut dalam kunjungan ke beberapa Puskesmas. Saat ini tim yang ia pimpin sedang menangani ratusan anggota PKS yang terkonfirmasi covid-19. “Satgas dari PKS tidak hanya bertugas untuk mengumpulkan data anggota yang terkonfirmasi, tapi juga membuat sistem yang mendukung proses penyembuhan dari para anggota. Bantuan armada ambulan, obat-obatan, logistik pangan, tabung oksigen menjadi komponen dukungan dari satgas covid 19 PKS Kota Bogor” ujar Angga.