by

DPW PKS Jabar Siapkan 20 Juta Rupiah di Lomba Baca Teks Proklamasi Mirip Soekarno

BANDUNG, Inionline.id – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 Republik Indonesia 17 Agustus 2021, DPW PKS Provinsi Jawa Barat menggelar Lomba Baca Teksi Proklamasi Mirip Suara Soekarno tingkat Jawa Barat 2021.

Sekretaris Fraksi PKS DPRD Provinsi Jawa Barat H Ridwan Solichin, SIP, MSi mengatakan setiap tahunnya Fraksi PKS rutin menggelar lomba yang menggugah jiwa nasionalisme dan patriotisme dalam rangka memeriahkan HUT RI.

“Tahun lalu sukses menggelar lomba serupa, Lomba Baca Pidato Mirip Soekarno, nah tahun sekarang Lomba Baca Teks Proklamasi Mirip Soekarno. Kenapa Soekarno, karena Beliau adalah salah seorang tokoh pendiri bangsa ini yang membacakan langsung pernyataan Indonesia merdeka. Sudah sepatutnya lah generasi saat ini meneladani dan melanjutkan perjuangannya di alam merdeka sekarang ini,” terang Kang RinSo, sapaannya.

Anggota Komisi 1 DPRD Jabar ini menyatakan lomba digelar untuk kesekian kalinya itu sebagai bentuk komitmen kebangsaan Fraksi PKS. Dengan lomba ini, sambung Kang RinSo, berharap seluruh generasi bangsa ini agar dapat memahami sejarah perjuangan bangsa dan semangat proklamasi seperti yang digaungkan Presiden Pertama Soekarno.

“Generasi bangsa saat ini harus mampu meneladani pengorbanan para pejuang bangsa. Semangat proklamasi kemerdekaan harus menggema di dada dan pikirannya,” terangnya lagi.

Peluncuran lomba digelar secara daring dengan menghadirkan orasi kebangsaan dari Ketua Majelis Syuro PKS Habib Salim Segaf Aljufri, Presiden PKS Ahmad Syaikhu, dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo di Jakarta, belum lama ini. Lomba akan berlangsung hingga babak final pada 19 Agustus 2021. Informasi, persyaratan, dan aturan lomba dapat diperoleh melalui akun media sosial FPKS DPR.

Menurut dewan dari Dapil Jabar XI (Sumedang Majalengka Subang) ini, lomba-lomba kebangsaan sebagai bagian dari program nasional FPKS akan terus digelar agar tidak ada mata rantai yang terputus dalam sejarah perjuangan bangsa.

Selain itu juga supaya tidak ada orang yang berani memutuskannya. Kang RinSo berpesan agar semangat proklamasi terus dapat diimplementasikan dalam konteks kekinian, khususnya dalam menghadapi pandemi Covid-19.

“Dibutuhkan kebersamaan, kekompakan, dan persatuan untuk bisa lepas dari pandemi Covid-19. Semua harus disiplin menaati prokes (protokol kesehatan) dan kebijakan PPKM darurat. Keluarga besar PKS harus menjadi motor dan mesin penggerak membantu rakyat terdampak Covid-19,” ucapnya.

Pihaknya juga meminta pemerintah harus hadir penuh menyelamatkan rakyat. Ditegaskan, pemerintah jangan hanya membuat aturan, tetapi harus bertanggung jawab memenuhi kewajibannya menyelamatkan rakyat.