Dody Hikmawan Himbau Warga Kota Bogor Cek Status BPJS Kesehatannya

Antar Daerah457 views

Bogor, Inionline.Id – H.M.Dody Hikmawan SE Anggota DPRD Fraksi PKS menghimbau kepada masyarakat warga Kota Bogor untuk mengecek status kepesertaan BPJS masing-masing.

Hal ini disebabkan seringnya laporan dari warga masyarakat yang tidak bisa dilayani oleh Rumah Sakit karena permasalahan status BPJSnya “tidak aktif” baik peserta BPJS Mandiri maupun PBI.

Diharapkan dengan mengetahui status keaktifan kartu BPJS, warga tidak akan mengalami kesulitan atau hambatan saat sakit dan harus mendapatkan pelayanan dari RS atau Faskes.

Sebagaimana informasi dari Kepala Kantor BPJS Kota Bogor bahwa data warga Kota Bogor peserta BPJS mandiri yang menunggak sd mei 2021 :
Kelas 1 : 42.270
Kelas 2 : 87.488
Kelas 3 : 144.423

Dody menduga jumlah kasus menunggak yang hampir 300 ribu orang ini diantaranya karena kurang aware atau ketidaktahuan peserta. Kasus PHK di masa Pandemi ini juga diantaranya yang biasanya iuran dibayarkan oleh perusahaan, sekarang menunggak karena peserta tidak melanjutkan iurannya tersebut.

Dody menghimbau untuk setiap warga peserta BPJS mandiri segera melunasi dan melakukan iuran secara disiplin setiap bulannya, dan bagi yang benar2 tidak mampu segera mengajukan proses pengalihan ke BPJS PBI (Peserta Bebas Iuran) yang dibantu oleh dana APBD

“Saya berharap semoga tidak ada lagi kesulitan atau permasalahan dari warga Kota Bogor untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang terbaik dari Rumah Sakit di Kota Bogor dan sekitarnya,” pungkas Dody, Sabtu (03/07/2021).