Cara Mudah Mengurangi Kalori Tanpa Buat Perut Jadi Lapar

Kesehatan057 views

Inionline.id – Salah satu cara yang biasa dilakukan untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi konsumsi kalori. Diketahui bahwa mengurangi sekitar 250 hingga 1000 kalori setiap hari bisa efektif menurunkan berat badan sekitar 0,2-0,9 kg setiap minggu.

Mengurangi konsumsi kalori ini bisa sangat berdampak besar dalam menurunkan berat badan. Perubahan kecil dalam diet mampu mengurangi jumlah kalori yang dibutuhkan dan berefek pada penurunan berat badan.

Walau begitu, sayangnya seseorang mengurangi kalori dengan cara membatasi asupan makanan. Hal ini membuat mereka menjadi cepat lapar dan kekurangan tenaga untuk beraktivitas.

Berkurangnya kalori yang menyebabkan rasa lapar ini membuat kamu kadang menjadi makan lebih banyak dibanding seharusnya. Dilansir dari Live Science, berikut empat cara mudah untuk mengurangi kalori tanpa menimbulkan rasa lapar.

Konsumsi Makanan Berserat dan Air

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi asupan kalori adalah dengan mengonsumsi makanan kaya serta dan air. Kamu bisa mendapatkannya dari sayur dan buah seperti bayam, brokoli, tomat, semangka, apel, buncis, dan kacang polong.

Mengurangi Minuman Berkalori

Kalori yang dihitung oleh seseorang sering kali hanya berasal dari makanan padahal minuman juga berdampak besar terhadap hal ini. Oleh karena itu hindari minuman-minuman seperti susu dan soda untuk mencegah munculnya masalah ini. Sebaiknya ganti dengan minuman yang lebih sehat seperti air putih dan jus buah.

Perhatikan Porsi Makanan

Porsi makanan yang besar bisa membuat kamu makan lebih banyak. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa memindahkan makanan pada wadah yang lebih kecil. Cara ini akan membuat kamu mengambil porsi yang kecil dan tidak akan makan secara berlebihan.

Jangan Lewatkan Waktu Makan

Melewatkan waktu makan merupakan salah satu hal yang bisa membuat kamu gagal menurunkan berat badan. Pasalnya, hal ini bisa membuatmu menjadi makan berlebihan pada waktu makan berikutnya dan kemungkinan jadi makan lebih banyak kalori.

Sejumlah cara tersebut bisa kamu lakukan dengan mudah untuk mengurangi kalori yang kamu konsumsi sehari-hari. Secara langsung, hal tersebut bisa membuat berat badanmu jadi menurun.