Asnawi Comeback, Ansan Greeners Berhasil Menang Meyakinkan di K League 2

Olahraga257 views

Inionline.id – Asnawi Mangkualam tampil penuh 90 menit saat Ansan Greeners menang meyakinkan dengan skor 3-1 atas tamunya Gyeongnam FC 3-0 dalam lanjutan K League 2, Senin (12/7/2021).

Dalam laga comeback-nya ke skuad, Asnawi dimainkan di posisi aslinya sebagai bek sayap kanan dalam formasi 3-5-2 di Stadion Ansan Wa, Ansan. Dengan formasi ini, Asnawi lebih sering menunggu bola di wilayah pertahanan timnya.

Namun, naluri Asnawi yang doyan melakukan overlap tetap terlihat dalam situasi-situasi serangan yang dibangun Ansan. Tapi Asnawi tak begitu banyak memberikan ancaman ke pertahanan lawan sebagaimana biasa ia perlihatkan.

Tim tamu sebenarnya lebih dulu berkesempatan unggul lewat titik putih pada menit ke-9 setelah Asnawi Mangkualam melakukan pelanggaran. Tapi tendangan Yun Ju-tae berhasil diamankan kiper Ansan, Kim Sun-woo.

Sementara Ansan kerap menemui jalan buntu dalam membangun serangan. Gelandang Ansan Lee Sang-min sempat mencoba melepas tendangan spekulasi untuk memecah kebuntuan tapi tendangannya dari luar kotak penalti masih lemah dan mengarah tepat di pelukan kiper Gyeongnam.

Mendekati akhir babak pertama, giliran Ansan yang dihadiahi tendangan penalti. Wasit menunjuk titik putih setelah Lim Jae-Hyuk dijatuhkan di kotak terlarang.

Striker Ansan, Kim Ryun-do, sukses menjalankan tugasnya dengan baik dan membawa timnya unggul 1-0. Keunggulan ini bisa dipertahankan Ansan sampai babak pertama berakhir.

Pelatih Ansan, Kim Gil-sik melakukan pergantian jitu di awal babak kedua dengan menurunkan Choi Geon-Joo. Pemain bernomor punggung 17 itu mencetak gol kedua Ansan pada menit ke-54 atau hanya berselang dua menit setelah dirinya masuk ke lapangan.

Gol ini berawal dari proses serangan balik Ansan. Pemain asing asal Brasil Robson Carlos Duarte dengan cermat mengirimkan umpan terobosan dari tengah lapangan yang mampu dikuasai dengan baik oleh Choi Geon-Joo untuk menggandakan keunggulan Ansan menjadi 2-0.

Bencana buat Gyeongnam datang pada menit ke-57 setelah bek mereka Lee Kwang-seon menerima kartu kuning kedua. Kalah jumlah pemain, Gyeongnam makin kewalahan menghalau serangan-serangan Ansan.

Hasilnya Ansan pun sanggup mencetak gol ketiganya lewat Song Joo-Ho pada menit ke-59. Tendangan voli lemah pemain bertahan Ansan itu sebenarnya membentur rekannya, tetapi gol tetap diberikan kepada Song Joo-Ho.

Unggul 3-0 membuat pemain Ansan percaya diri. Robson Carlos Duarte main begitu lepas dan nyaris membawa timnya unggul 4-0 andai tendangan tak membentur mistar setelah menari-menari di pertahanan Gyeongnam.

Meski begitu, Gyeongnam perlahan-lahan mampu mengambil alih jalannya pertandingan. Gol hiburan pun berhasil diciptakan Willyan da Silva Barbosa pada menit ke-73 sekaligus memperkecil ketertinggalan timnya menjadi 1-3.

Sampai akhir pertandingan tak ada lagi gol tambahan yang tercipta sehingga skor 3-1 tetap bertahan untuk kemenangan Ansan atas Gyeongnam. Ansan menang dan mengumpulkan 28 angka, sama seperti Busan IPark dan Daejeon Hana Citizen.

Susunan Pemain

Ansan Greeners (3-5-2): 19-Kim Sun-Woo; 15-Sog Joo-Ho, 3-Ko Tae-Gyu, 20-Kim Min-Ho; 29-Kim Ye-Sung, 21-Kim Lee-Seok (77-Kim Jin-Rae 67′), 55-Go Iwase (11-Robson 43′), 14-Lee Sang-Min, 41-Asnawi Mangkualam; 18-Kim Ryun-Do, 99-Lim Jae-Hyuk (17-Choi Geon-Joo 52′).

Gyeongnam (4-2-3-1): 1-Hwang Sung-Min; 2-Chae Gwang-Hoon, 20-Lee Kwang-Seon, 23-Kim Myoung-Jun, 22-Kim Dong-Jin; 21-Do Dong-Hyun (19-Ko Kyung0Min 46′), 24-Yoon Seong-Joo, 94-Wilyan, 10-Baek Sung-Dong; 15-Seo Hyun-Jin (6-Lee Woo-Hyeok 57′), 9-Yu Ju-Tae (98-Hernandes 46′).