15 Hal Ini Penyebab Badan Terlalu Sering Ngilu dan Sakit Sehari-Hari

Kesehatan357 views

Inionline.id – Rasa ngilu atau sakit yang kita rasakan pada kehidupan sehari-hari harus menjadi sebuah perhatian serius. Hal ini terutama ketika rasa ngilu dan sakit di badan ini kita rasakan muncul secara tiba-tiba.

Misalnya, rasa ngilu dan sakit ini muncul ketika kita bekerja atau beraktivitas sehari-hari. Munculnya rasa ngilu tiap kita tengah melakukan hal remeh seperti membuka media sosial dan melihat foto ini bukan hal yang boleh diremehkan.

Salah satu penyebab umum dari munculnya rasa sakit dan ngilu di badan ini adalah flu. Walau begitu, bukan tak mungkin bahwa hal ini juga bisa disebabkan oleh sejumlah hal lainnya.

Pada umumnya, seperti dilansir dari Healthline, rasa sakit dan ngilu ini bisa hilang dengan istirahat. Namun pada beberapa kasus, perlu dilakukan perawatan khusus terutama ketika disebabkan oleh hal tertentu.

Rasa ngilu dan sakit yang tak kunjung hilang selama beberapa waktu perlu mendapat penanganan serius. Mengetahui penyebab dari rasa ngilu dan sakit ini juga penting untuk dilakukan, berikut sejumlah hal yang bisa jadi penyebab rasa sakit dan ngilu.

Stres, Dehidrasi, dan Kurang Tidur

1. Stres

Ketika kamu tengah stres, sistem imun tubuh bakal kesulitan dalam melawan peradangan yang mungkin muncul. Hal ini bisa membuat respons tubuh tidak sebaik biasanya sehingga kamu lebih rentan mengalami ngilu dan sakit di seluruh tubuh. Jadi, ketika kamu sering merasa ngilu saat sedang melakukan sesuatu, bisa jadi kamu tengah stres.

2. Dehidrasi

Kandungan cairan yang tepat sangat dibutuhkan tubuh untuk dapat berfungsi secara normal dan sehat. Kekurangan cairan tubuh bisa membuat tubuh jadi kesulitan melakukan sejumlah proses penting seperti bernapas dan mencerna makanan. Terganggunya sejumlah proses ini akibat dehidrasi bisa menyebabkan tubuh tidak bekerja sebagaimana mestinya dan menyebabkan rasa ngilu dan sakit.

3. Kurang Tidur

Kurang tidur bisa jadi penyebab sejumlah masalah kesehatan yang mungkin kamu alami sehari-hari. Sistem jaringan, sel tubuh, dan otak butuh cukup tidur untuk menjaga kesehatannya. Kekurangan waktu tidur ini bisa membuat kamu kekurangan energi dan bisa berujung munculnya rasa ngilu serta sakit.

Flu, Anemia, dan Kurang Vitamin D

4. Flu atau Demam

Ketika seseorang mengalami flu atau demam, sejumlah masalah bakal kamu alami. Hal ini termasuk rasa ngilu dan sakit di seluruh badan termasuk tenggorokan dan dada. Hal ini terjadi karena tubuh mencoba melawan infeksi dan peradangan yang menyerang.

5. Anemia

Anemia terjadi ketika tubuh kekurangan sel darah merah yang memompa oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Terjadinya kondisi ini bisa menyebabkan banyak bagian tubuh merasa lelah dan bahkan kadang muncul rasa ngilu dan sakit.

6. Kurang Vitamin D

Kurangnya vitamin D pada tubuh bisa menyebabkan rendahnya tingkat kalsium di dalam darah. Kurangnya kalsium ini menyebabkan organ tubuh seperti otot dan ginjal tidak bekerja sebagaimana mestinya.

Tulang juga membutuhkan cukup kalsium agar tetap sehat. Tanpa vitamin D yang membantu menyerap kalsium, kamu bisa merasa ngilu dan sakit pada seluruh otot dan tulang di tubuhmu.

Mononukleosis, Pneumonia, dan Fibromyalgia

7. Mononukleosis

Mononukleosis merupakan infeksi yang sangat menular dan disebabkan oleh virus Epstein-Barr. Salah satu gejala dari penyakit ini adalah munculnya rasa ngilu dan sakit di sekujur tubuh.

8. Pneumonia

Pnemuonia merupakan infeksi paru-paru yang bisa mempengaruhi seluruh sistem pernapasan tubuh. Ketika kamu kesulitan bernapas akibat masalah ini, tubuh bakal kekurangan oksigen yang berfungsi menjaga sel darah merah dan jaringan tetap sehat. Lebih lanjut, hal ini bisa menyebabkan munculnya rasa ngilu dan sakit di sekujur tubuh.

9. Fibromyalgia

Fibromyalgia merupakan kondisi yang terjadi ketika seluruh tubuh termasuk otot dan tulang merasa lelah, ngilu, sakit, dan sensitif. Masih belum jelas mengapa hal ini terjadi, namun trauma fisik, operasi, maupun infeksi bisa jadi penyebab terjadinya hal ini.

Sindrom Kelelahan Kronis, Arthritis, dan Lupus

10. Sindrom Kelelahan Kronis

Sindrom Kelelahan Kronis merupakan kondisi yang menyebabkan kamu merasa kelelahan dan lemah. Kondisi ini biasa disebabkan oleh insomnia sehingga tubuh akhirnya merasa lelah lalu muncul rasa ngilu dan sakit pada otot dan sendi.

11. Arthritis

Arthritis terjadi akibat peradangan pada sendi dan bisa dipicu oleh berbagai macam hal. Kondisi ini tidak bisa diremehkan dan perlu konsultasi secara serius dengan dokter untuk mengatasinya.

12. Lupus

Lupus merupakan penyakit autoimun yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan di dalam tubuh seperti pembuluh darah, organ, dan persendian. Serangan dari sistem kekebalan tubuh ini kemudian menyebabkan penderita lupus kerap mengalami rasa ngilu dan sakit di sekujur tubuh.

Penyakit Lyme, Histoplasmosis, dan Multiple Sclerosis

13. Penyakit Lyme

Penyakit Lyme disebabkan karena bakteri Borrelia burgdorferi yang menyebar di seluruh tubuh akibat gigitan serangga. Salah satu gejala umum dari penyakit ini adalah rasa ngilu dan sakit pada otot serta sendi. Masalah ini perlu secepatnya ditangani karena bisa berdampak semakin buruk ketika dibiarkan.

14. Histoplasmosis

Histoplasmosis atau infeksi jamur disebabkan karena spora yang menyebar di udara atau dari percikan kelelawar dan burung. Masalah ini rentan dialami mereka yang bekerja di ladang, sawah, gua, atau lokasi konstruksi bangunan. Salah satu gejala umum dari masalah ini adalah rasa ngilu dan sakit di sekujur tubuh.

15. Multiple Sclerosis

Multiple Sclerosis (MS) merupakan masalah yang mempengaruhi sistem saraf tubuh sehingga terjadi gangguan dalam mengantarkan sensasi rasa tertentu. Dampak dari masalah kesehatan ini adalah munculnya sensasi ngilu, sakit, kesemutan, atau hal tak normal lainnya.

Sejumlah masalah tersebut merupakan masalah fisik penyebab munculnya rasa ngilu dan sakit di sekujur tubuh. Munculnya rasa ngilu secara sering ini tentu tidak boleh dikesampingkan dan butuh penanganan dokter untuk menanganinya secara tepat.