Yogyakarta Belum Berencana Menutup Objek Wisata Gunung Kidul

Antar Daerah057 views

Inionline.id – Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) belum berencana untuk menutup atau memberlakukan jam operasional tempat wisata di kawasan Gunung Kidul.

Hal ini disampaikan Sekretaris Dinas Pariwisata Gunung Kidul Harry Sukmono menanggapi lonjakan tambahan kasus harian COVID-19 di wilayah tersebut.

Menurutnya, langkah itu diambil lantaran belum ada instruksi penutupan dan pembatasan jam operasional objek wisata dari bupati dan gubernur DIY.

“Hingga saat ini, belum ada opsi penutupan objek wisata. Hal ini dikarenakan Gubernur DIY menyatakan belum akan menutup, begitu juga dengan bupati,” kata Harry di Gunung Kidul, Minggu (27/6), seperti dikutip Antara.

Ia mengatakan pihaknya sudah melakukan koordinasi dan komunikasi dengan bupati dan jajarannya, hingga mitra asosiasi wisata di Gunung Kidul. Pertemuan membahas tentang aktivitas wisata ke depan.

“Saat pertemuan tersebut, bupati meminta seluruh pelaku wisata lebih menggencarkan lagi protokol kesehatan. Sebab kunci utama pencegahan ada di sana. Bupati menyadari pentingnya protokol kesehatan ini, sehingga meminta lebih digencarkan lagi,” katanya.

Sebelumnya, Bupati Gunung Kidul Sunaryanta mengatakan Pemkab Gunung Kidul belum akan menutup wisata. Alasannya, belum ada wilayah wisata yang masuk zona merah jika mengambil indikator zonasi kerawanan tingkat mikro.

“Penegakan terhadap kepatuhan protokol kesehatan lebih ditingkatkan lagi. Khususnya di zona rawan hingga pada kegiatan sosial-budaya,” katanya.