by

Wakil Ketua Komisi V DPRD Jabar Nilai Pergub BLUD SMK di Jatim Profesional

Inionline.id – Sementara itu Wakil Ketua Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat, Abdul Hadi Wijaya juga mengatakan, setelah difasilitasi oleh Pergub, BLUD SMK Negeri di Jawa Timur memiliki sistem yang lebih baik dan lebih profesional dan hal tersebut memberikan semangat baru bagi para civitas didalamnya.

“Sejak tahun 2018 di Provinsi Jawa Timur sekolah-sekolah SMK Negeri yang telah memiliki sistem yang bagus di fasilitasi oleh Peraturan Gubernur menjadi Sekolah BLUD, dimana ada perbedaan pengelolaan keuangannya yang lebih profesional sehingga mempunyai semangat yang tinggi bagi civitas didalamnya,” ucap Abdul Hadi.

Menurutnya, perubahan SMK menjadi BLUD juga mempengaruhi bagi para siswa nya yang dapat menjadikan mereka memiliki kompetensi diatas rata-rata karena SMK BLUD bisa lebih profesional serta meringankan APBD, untuk itu Jawa Barat harus mencontoh keberadaan SMK BLUD di Provinsi Jawa Timur.

“Dampak SMK BLUD bagi para siswa bisa mempunyai kompetensi yang diatas rata-rata, disisi lain SMK BLUD bisa meringankan APBD karena keuangan mereka kelola sendiri serta bisa dialokasikan untuk kepentingan sekolah itu sendiri, Jawa Barat harus mencontoh SMK BLUD di Provinsi Jawa Timur.” tutupnya.