Vladimir Putin Sebut Rusia Bersiap Melakukan Vaksinasi Corona ke Warga Asing

Internasional157 views

Inionline.id – Presiden Rusia, Vladimir Putin, menyatakan negaranya bersiap mengizinkan warga negara asing (WNA) untuk disuntik vaksin virus Corona (COVID-19) di wilayahnya. Rusia disebut mungkin memberikan vaksinasi Corona dengan biaya tertentu kepada WNA yang bepergian ke negara tersebut.

Sabtu (5/6/2021), langkah merupakan bagian dari upaya Rusia untuk meningkatkan reputasi global vaksin buatannya, Sputnik V.

Berbicara dalam Forum Ekonomi Internasional St Petersburg (SPIEF) pada Jumat (4/6) waktu setempat, Putin menyatakan banyak orang datang ke Rusia untuk divaksin Corona. Disebutkan Putin bahwa Rusia siap memvaksinasi warga negara asing yang datang ke wilayahnya.

Lebih lanjut, Putin mengungkapkan bahwa dirinya menugaskan pemerintah Rusia mengatur akses untuk program vaksinasi berbayar untuk warga negara asing.

“Saya meminta pemerintah mempelajari masalah ini secara menyeluruh pada akhir bulan ini, untuk menetapkan kondisi bagi warga negara asing untuk divaksinasi di negara kita dengan biaya,” ungkap Putin, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Putin menyebut bahwa vaksin Sputnik V telah disetujui penggunaannya di sebanyak 66 negara, dengan total gabungan populasinya mencapai lebih dari tiga miliar orang. Vaksin Sputnik V juga kini tengah dikaji baik oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Badan Obat-obatan Eropa (EMA).

“Dengan mempertimbangkan efisiensi vaksin kami, saya tahu bahwa permintaan semacam itu cukup tinggi,” ujarnya. “Industri farmasi domestik siap untuk lebih menggenjot produksi vaksin,” cetus Putin.

Dalam forum yang sama, kepala Dana Investasi Langsung Rusia (RDIF), yang mendanai produksi vaksin, Kirill Dmitriyev, menyatakan Rusia bisa mulai terbuka untuk ‘wisata vaksin’ pada Juli mendatang.

Rusia mendaftarkan vaksin Sputnik V pada Agustus 2020, yang mencetak rekor sebagai vaksin Corona pertama di dunia. Diberi nama yang sama dengan satelit pertama Rusia yang diluncurkan tahun 1957, vaksin Sputnik V diklaim Putin sebagai suntikan ‘terbaik di dunia’.

Jurnalis medis independen terkemuka, The Lancet, menganggap vaksin Sputnik V efektif melawan Corona dalam kajiannya yang dirilis Februari lalu.

Dalam forum ini, Putin juga mendorong warga Rusia untuk divaksin Corona. Diketahui bahwa program vaksinasi Corona dilakukan secara gratis terhadap warga Rusia. Namun laju vaksinasi di negara ini tergolong lebih lamban dari negara-negara maju lainnya.

Kementerian Kesehatan Rusia menuturkan pekan lalu bahwa baru sekitar 17 juta orang, dari total 144 juta jiwa populasi Rusia, yang telah menerima setidaknya satu dosis vaksin Corona.