Usai Melakukan Donor Darah ini 4 Manfaat Sehat yang Bisa Diperoleh

Kesehatan057 views

Inionline.id – Melakukan donor darah merupakan salah satu tindakan mulia yang bisa dan mudah untuk kita lakukan. Setiap hari, terdapat sejumlah kantong darah yang dibutuhkan untuk transfusi bagi banyak orang.

Walau begitu, donor darah ini ternyata juga tak hanya memberi manfaat pada orang lain saja namun juga pada pendonor. Terdapat sejumlah manfaat kesehatan yang juga bisa diperoleh seseorang ketika melakukan donor darah.

Hanya saja pertama kamu harus memperhatikan bahwa sebaiknya kondisi fisikmu dalam keadaan yang prima dulu sebelum melakukan donor. Pada kondisi fisik yang prima ini, kamu bisa melakukan donor darah pada orang lain tanpa menimbulkan efek buruk pada tubuhmu.

Manfaat kesehatan yang bisa diperoleh dari melakukan donor darah ini tidak main-main karena bisa membantu diet dan menurunkan risiko masalah jantung. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah manfaat kesehatan yang bisa kamu peroleh saat melakukan donor darah.

1. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Salah satu manfaat utama dari melakukan donor darah ini adalah menurunnya risiko penyakit jantung. Pada penelitian yang dipublikasikan oleh American Journal of Epidemiology, sekitar 88 persen dari pendonor cenderung terjaga dari serangan jantung dan sekitar 33 persen terlindung dari berbagai penyakit kardiovaskular.

2. Jadi Sarana Pemeriksaan Kesehatan

Terdapat banyak manfaat luar biasa dari donor darah, salah satunya adalah kamu menjalani pemeriksaan kesehatan kecil-kecilan. Ketika seseorang hendak melakukan donor darah, maka mereka harus mengalami sejumlah tes kesehatan terlebih dahulu.

Pada saat itu, kamu mengalami pengecekan hemoglobin, detak jantung, dan tekanan darah. Hal ini bisa menjadi sarana yang tepat untuk memeriksa kondisi kesehatan termasuk mengawasi risiko yang mungkin kamu alami.

3. Membantu Membakar Kalori

Mendonorkan darah bisa membantu membakar kalori pada tubuhmu. Satu kali donor darah bisa membakar hingga 650 kalori pada tubuh seseorang. Ketika kamu mendonorkan darah, tubuh bakal bekerja lebih keras untuk mengganti darah yang keluar.

4. Membuang Kelebihan Zat Besi dari Tubuh

Ketika mendonorkan darah, seseorang bakal mengeluarkan sekitar 225 hingga 250 zat dari tubuh. Hal ini bisa mengurangi komplikasi kesehatan yang disebabkan kelebihan zat besi.

Berdasar penelitian yang dimuat pada Journal of American Medical Association, seseorang yang melakukan donor darah secara rutin cenderung memiliki risiko strokes dan serangan jantung lebih rendah. Sejumlah hal tersebut bisa jadi pertimbangan bagimu untuk melakukan donor darah secara rutin.