Tekan Laju Covid-19, Satgas Kabupaten Bogor Membatasi Tempat Wisata

Antar Daerah057 views

Inionline.id – Satgas Penanganan Covid-19 Pemkab Bogor, Jawa Barat kembali membatasi jumlah pengunjung di tempat-tempat wisata. Hal ini tak lepas dari melonjaknya kasus penularan Covid-19.

“Wisata alam dan wisata permainan maksimal pengunjungnya 25 persen dari kapasitas tempat, beroperasi pukul 08.00 WIB-17.00 WIB,” kata Bupati sekaligus Ketua Satgas Kabupaten Bogor, Ade Yasin, Sabtu (26/6) lalu.

Menurut dia, Kabupaten Bogor merupakan wilayah yang tergolong primadona bagi para pelancong setiap akhir pekan. Salah satunya kawasan Puncak yang jadi destinasi pengunjung dari berbagai kota.

Ade Yasin menyebutkan bahwa belakangan pengelola tempat wisata kerap mengabaikan aturan kapasitas pengunjung meski sebelumnya tertera dalam aturan jumlah maksimal pengunjung adalah 50 persen dari kapasitas.

“Petugas akan turun langsung ke tempat-tempat wisata untuk memeriksa para pengunjungnya. Maka pengelola juga harus mengerti dulu bahwa sekarang situasinya kasus Covid-19 sedang tinggi,” kata Ade Yasin.

Penetapan jumlah pengunjung maksimal 25 persen dari kapasitas tempat itu diatur dalam Keputusan Bupati (Kepbup) bernomor 443/336/Kpts/Per-UU/2021. Kepgup tersebut juga mengubah aturan jam operasional pusat keramaian sesuai dengan masing-masing jenisnya.

Seperti operasional mall, semula maksimal tutup pukul 21.00 WIB menjadi pukul 20.00 WIB. Kemudian, pasar modern dan minimarket yang semula dibolehkan buka sampai pukul 21.00 WIB pun dibatasi hanya sampai pukul 20.00 WIB.

“Restoran, kafe, dan warung makan juga sama operasionalnya dibatasi hanya sampai pukul 20.00 WIB,” kata Ade Yasin.

Selanjutnya, aktivitas pasar dadakan ataupun bazar juga tak luput dari pembatasan pengunjung maksimal 25 persen dari kapasitas, dengan jam operasional pukul 15.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

Selain itu, yang tak kalah penting penerapan dan kepatuhan terhadap protokol kesehatan sebagaimana #ingatpesanibu seperti menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan (3M).