Presiden Afghanistan Akan Menemui Joe Biden Pasca Penarikan Pasukan AS

Internasional057 views

Inionline.id – Presiden Afghanistan Ashraf Ghani akan bertemu dengan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, pasca penarikan pasukan militer AS dari Afghanistan. Pertemuan akan berlangsung pada Jumat (25/6).

“Kunjungan Presiden Ghani dan Dr. Abdullah Abdullah (kepala perdamaian Afghanistan) akan menyoroti kemitraan yang langgeng antara Amerika Serikat dan Afghanistan saat penarikan militer berlanjut,” kata Sekretaris Pers Gedung Putih Jen Psaki dalam sebuah pernyataan, pada Minggu (20/6/2021).

Jen mengatakan Amerika Serikat berkomitmen untuk memberikan bantuan ekonomi dan kemanusiaan kepada masyarakat Afghanistan. Termasuk untuk anak-anak, wanita, serta minoritas.

Sebelumnya, Joe Biden memerintah pasukan AS untuk pergi dari Afghanistan menjelang peringatan 20 tahun serangan 11 September. Diketahui serangan 11 September yang meruntuhkan gedung World Trade Center memicu invasi pasukan AS ke Afghanistan.
President Joe Biden speaks about reaching 300 million COVID-19 vaccination shots, in the State Dining Room of the White House, Friday, June 18, 2021, in Washington. (AP Photo/Evan Vucci)

Joe Biden bermaksud mengakhiri perang dengan Taliban. Namun, seiring pasukan AS yang mulai angkat kaki, Taliban melakukan serangan setiap hari.

Serangan dilancarkan terhadap pasukan pemerintah dan 40 distrik di Afghanistan diklaim telah berakhir dikuasai.

Hal ini membuat masyarakat Afghanistan ketakutan. Ketidakpastian masa depan membuat sejumlah warga memilih untuk meninggalkan Afghanistan.