Megawati Minta Kantor Partai Menjadi Pusat Kebudayaan

Politik057 views

Inionline.id – Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri membuka pameran seni rupa ‘Akara’ yang digelar dalam rangka Bulan Bung Karno di Yogyakarta, Sabtu (5/6). Ia bilang, dalam pameran ini mengekspresikan gagasan besar Bung Karno.

“Kesemuanya mengekspresikan gagasan besar Bung Karno, juga tentang Pancasila, Kebhinekaan Indonesia, ekspresi keindahan tanah air, dan berbagai ekspresi yang menggambarkan potret kehidupan rakyat, namun juga semangat rakyat untuk berbicara tentang keIndonesiaan kita,” kata Megawati dalam pidatonya yang disampaikan secara daring, Sabtu (5/6).

Megawati bilang, penyelenggaraan kegiatan kebudayaan ini sesuai dengan instruksi partai. Pameran itu diadakan di DPD PDIP Yogyakarta. Bahwa partai harus memperkuat jati diri yang berkepribadian dalam kebudayaan. Itu sebagai salah satu esensi pokok Trisakti yang digagas oleh Bung Karno sebagai jalan pembumian ideologi bangsa, Pancasila.

Ia pun menginstruksikan kepada kader PDIP di seluruh Indonesia untuk menjadikan kantor partai sebagai rumah rakyat sekaligus rumah budaya.

“Dimana seluruh ekspresi kebudayaan nasional, dan pencapaian kebudayaan rakyat Indonesia dibahas, didiskusikan dan ditampilkan di kantor Partai,” tutur Megawati.

Megawati mengatakan, berulang kali dirinya telah menegaskan, bahwa berpolitik itu mengedepankan keseluruhan aspek kebudayaan bangsa. Berpolitik itu menyentuh elemen yang paling hakiki tentang rasa, imajinasi, dan daya cipta yang terus memperkuat aspek kemanusiaan kita.

“Di Yogyakarta, kita bisa mengambil nilai kehidupan bahwa berpolitik itu mewayu hayuning bawana,” kata Megawati.

Putri proklamator RI ini bilang, Bung Karno bersentuhan banyak dengan seniman dan budayawan. Bung Karno menggelorakan rasa cinta pada tanah air melalui budaya.

Jakarta – Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menyatakan bahwa kebudayaan membentuk karakter sejati suatu bangsa. Itu sebabnya Proklamator RI yang juga Bapak Bangsa Indonesia, Bung Karno, bersentuhan dengan begitu banyak seniman dan budayawan.

“Bung Karno menggelorakan rasa cinta pada tanah air melalui budaya, melalui seni lukisan, seni patung, seni tari, dan berbagai ekspresi kebudayaan lainnya,” ucapnya.

Mega kembali mengingat, bahwa dengan para seniman tersebut, sang ayah bisa berdialog berjam-jam.

“Saya menjadi saksi, bagaimana Bung Karno menempatkan peran para seniman tersebut berkaitan dengan tujuan bernegara, menggelorakan nasionalisme dan patriotisme. Bahkan dalam seluruh karya para seniman tersebut dapat menggambarkan imajinasi tentang arah masa depan dan cita-cita Indonesia Raya tercinta,” Megawati menceritakan.

Pameran dilaksanakan di kantor DPD PDIP Yogyakarta. Sementara Megawati membuka acara itu via daring. Kader PDIP seluruh Indonesia mengikuti acara melalui aplikasi Zoom, maupun live di akun Youtube serta Facebook resmi partai itu.

Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto berada di Yogyakarta memimpin acara di lokasi. Hadir Menseskab Pramono Anung Wibowo dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Selain itu, hadir juga Anggota DPR dari Fraksi PDIP seperti Deddy Yevri Sitorus dan Paryanto.