Malaysia akan Memanggil Dubes soal Pesawat AU China Masuk Wilayah Tanpa Izin

Internasional057 views

Inionline.id – Kementerian Luar Negeri Malaysia akan memanggil Duta Besar China. Rencana pemanggilan itu terkait 16 pesawat angkatan udara (AU) China yang masuk wilayah Malaysia tanpa izin.

Rabu (2/6/2021), 16 pesawat AU China itu masuk wilayah Malaysia pada Senin (31/5/2021). Pesawat China itu terbang dalam jarak 60 mil laut dari negara bagian Sarawak, Borneo Malaysia.

Pemerintah Malaysia menegaskan, peristiwa itu merupakan ancaman serius bagi kedaulatan negaranya. Pesawat China itu terbang di langit Malaysia tanpa menghubungi kontrol lalu lintas udara regional meski sudah diminta beberapa kali.

Menteri Luar Negeri Hishammuddin Hussein mengatakan Malaysia akan mengeluarkan nota protes diplomatik. Dia juga meminta Duta Besar China untuk Malaysia menjelaskan pelanggaran perbatasan wilayah itu.

“Sikap Malaysia jelas, memiliki hubungan diplomatik yang bersahabat dengan negara mana pun tidak berarti bahwa kami akan berkompromi dengan keamanan nasional kami,” kata Hishammuddin dalam sebuah pernyataan.

Kedutaan China sebelumnya mengatakan pesawat-pesawat itu sedang melakukan latihan penerbangan. China mengklaim sudah menaati prosedur yang ada.

“China dan Malaysia adalah tetangga yang bersahabat, dan China bersedia melanjutkan konsultasi persahabatan bilateral dengan Malaysia untuk bersama-sama menjaga perdamaian dan stabilitas regional,” kata seorang juru bicara.