Mahfud MD: Sekarang Korupsi Lebih Gila dari Zaman Orde Baru

Headline, Nasional057 views

Inionline.id – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut korupsi yang terjadi saat ini justru lebih gila daripada korupsi yang dilakukan saat Soeharto menjabat sebagai presiden di era Orde Baru (Orba).

Hal ini diungkap Mahfud untuk menjawab pertanyaan banyak orang terkait pernyataannya pada 2017 lalu, saat dirinya belum menjadi bagian dari pemerintah. Kala itu dia pernah menyebut bahwa di era reformasi korupsi semakin meluas.

Alih-alih meralat, Mahfud justru mengatakan perilaku korupsi saat ini justru semakin gila. Dia pun enggan meralat pernyataan yang pernah dia lontarkan pada 2017 lalu itu.

“Saya katakan, saya tidak akan meralat. Karena kenyataannya sekarang ini saja sekarang, hari ini, korupsi itu jauh lebih gila dari zaman Orde Baru,” kata Mahfud dalam tayangan video di akun YouTube resmi milik Universitas Gadjah Mada (UGM), Senin (7/6).

Dia mengatakan hal ini tak berkaitan dengan jumlah atau besaran dana yang dikorupsi. Melainkan, sambungnya, berkaitan dengan semakin meluasnya orang-orang yang melakukan tindak pidana tersebut.

Pada masa orde baru atau saat Presiden kedua RI Soeharto berkuasa, korupsi hanya dilakukan dia dan lingkarannya serta dikendalikan langsung olehnya. Namun saat ini, ia menilai setiap orang bahkan elite justru terjerumus dalam korupsi, tanpa dikomandoi pemimpin negeri.

Mahfud menerangkan dari mulai DPR hingga pejabat daerah bisa melakukan tindak pidana tersebut dengan bebas dan tanpa rasa malu.

“Ingat enggak, dulu nggak ada korupsi dilakukan oleh DPR hakim enggak berani dulu, Gubernur, Pemda Bupati, nggak berani. Dulu korupsi nya terkoordinir,” kata dia.

“Sekarang lihat ke DPR korupsi sendiri, Mahkamah Agung, hakimnya korupsi sendiri, Mahkamah Konstitusi, Gubernur, Kepala Daerah, DPRD semua korupsi sendiri-sendiri,” imbuh mantan hakim konstitusi tersebut.