Komisi I Apresiasi Bumdes Bina Laksana

Antar Daerah057 views

KAB GARUT, Inionline.id – Dalam rangka mendapatkan masukan dan informasi terkait peran Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat melakukan kunjungan kerja ke Desa Wisata Bumdes Bina Laksana di Desa Sukalaksana, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut, Senin (14/6/2021).

Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat Almaida Rosa Putra dalam kesempatan tersebut, setalah melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap Desa Sukalaksana, pihaknya menilai desa tersebut potensi yang luar biasa.

Hal itu dibuktikan dengan kontribusi pendapatan desa, yang bisa mencapai ratusan juta bahkan miliaran rupiah yang berasal dari pengelolaan potensi desa.

“Kalau kotornya pemasukan dari desa ini bisa mencapai miliaran. Disini Ada rest are juga yang dibangun. Harapannya juga ini bisa menjadi contoh buat desa-desa di Jawa barat pasti di setiap desa juga punya pontesi untuk mengembangkan yang namanya usaha di desanya masing-masing,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, adapun potensi yang bersumber dari budidaya domba-domba dan kesenian asli Garut yang sampai saat ini masih dipertahankan oleh masyarakat.

” Dengan adanya Bumdes maka potensi ini bisa dipertahankan, ini akan terus dikenal oleh anak-anak kita jangan sampai yang namanya budaya kita itu hilang begitu saja tergerus dengan zaman” pungkasnya.