Ini 6 Cara yang Bisa Membantu kamu Berhenti untuk Mengonsumsi Kopi

Kesehatan057 views

Inionline.id – Kopi merupakan salah satu minuman kesukaan banyak orang. Sejumlah penelitian mengungkap bahwa minuman ini memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang berguna bagi tubuh.

Namun, tak semua orang bisa untuk mengonsumsi minuman ini. pada beberapa kasus, seorang peminum kopi secara rutin juga harus menghentikan kebiasaan mereka ini karena sejumlah alasan kesehatan.

Alasan lain juga bisa menjadi penyebab kamu ingin menghentikan kebiasaan untuk mengonsumsi kopi ini. Sayangnya hal ini kadang tak mudah dilakukan terutama karena kafein memiliki sifat adiktif.

Robert Graham MD, praktisi kesehatan di New York City mengungkap bahwa kafein bisa menimbulkan perubahan di otak. Selain itu konsumsi minuman ini secara terus-menerus bisa membuat kamu menjadi toleran terhadap kafein sehingga kamu harus meningkatkan konsumsinya untuk bisa menaikkan energi.

Ketika kamu berlebihan mengonsumsinya, terdapat efek samping yang bisa kamu alami termasuk insomnia, kecemasan, asam lambung, serta detak jantung tek beraturan. Untuk membuat sejumlah hal ini tak terjadi, kamu bisa menyetel ulang toleransimu dengan berhenti minum kopi untuk sementara waktu.

Agar lebih mudah berhenti mengonsumsi kopi, terdapat berbagai hal yang bisa kamu lakukan. Dilansir dari Refinery29, berikut sejumlah cara yang bisa kamu coba agar berhenti mengonsumsi kopi.

Jangan Langsung Berhenti

Berhenti minum kopi secara langsung terutama ketika kamu peminum berat merupakan hal yang tidak disarankan. Hal ini malah bisa membuatmu mengalami berbagai gejala seperti sakit kepala, kelelahan, sulit fokus, serta brain fog. Pada beberapa orang, gejala yang muncul serupa dengan flu.

Berhenti Perlahan

Dr. Graham menyarankan agar memberi waktu empat minggu sebelum dapat berhenti sepenuhnya. Lakukan secara perlahan dalam jangka waktu itu agar tidak muncul efek samping seperti di atas.

Kamu bisa melakukannya dengan mengurangi frekuensi minum kopi secara perlahan dan jumlahnya juga. Pada minggu keempat, kamu disarankan untuk berhenti mengonsumsinya sama sekali.

Ganti dengan Teh

Mengganti kopi menjadi teh bisa menjadi cara yang kamu lakukan untuk mulai mengurangi kebiasaan minum kopi secara perlahan. Sejumlah jenis teh hanya memiliki kandungan kafein yang rendah atau bahkan tidak sama sekali sehingga sangat cocok sebagai pengganti kopi.

Konsumsi Kopi Decaf

Ketika mencoba berhenti, kadang kamu bakal merasa sangat menginginkan kopi. Pada saat tersebut, Dr. Graham menyebut kamu bisa mengganti konsumsi kopi ini dengan jenis decaf. Hal ini bisa setidaknya mengurangi kecanduanmu terhadap kafein.

Lakukan Olahraga Pagi

Banyak orang mengonsumsi kopi untuk mendapat dorongan energi di pagi hari. Sebagai penggantinya, kamu bisa melakukan olahraga di pagi hari untuk meningkatkan energimu.

Kamu bisa melakukan berbagai macam olahraga seperti berlari, yoga, atau hanya sejumlah pemanasan untuk mendapat manfaat ini. Melakukannya bisa meningkatkan dopamin yang setara seperti konsumsi kopi.

Tidur Secara Cukup

Kurangnya tidur pada malam hari sebelumnya bisa membuat kamu menjadi sangat meninginkan kopi. Dengan tidur secara cukup, setidaknya kamu jadi tidak merindukan kopi. Sebaiknya tidur 7 hingga 8 jam setiap malam untuk memperoleh manfaat ini.

Sejumlah cara ini bisa sangat membantumu dalam menghentikan kebiasaan minum kopi ini. Hal ini juga berguna ketika kamu ingin menurunkan toleransi tubuhmu terhadap kopi.