Bekerja di Depan Layar Buat Mata Cepat Lelah, Berikut 5 Cara Mudah Mengatasinya

Kesehatan057 views

Inionline.id – Memandang layar komputer selama waktu lama ketika di rumah bisa mempengaruhi pandangan kita. Hal ini terjadi karena layar komputer dan telepon genggam menampilkan cahaya biru yang bisa menyebabkan iritasi dan mata kering.

Menonton TV selama waktu lama di rumah juga bisa menimbulkan efek yang serupa. Hal ini bisa dijelaskan sebagai sindrom mata digital.

Kondisi sat ini yang membuat seseorang bekerja di rumah menyebabkan mereka jadi memadang layar terlalu lama. Hal ini pada akhirnya menyebabkan mata menjadi lelah karena sejumlah hal.

Masalah yang terjadi pada mata ini tak jarang juga menyebabkan terjadinya sakit kepala. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah cara untuk redakan masalah mata ketika bekerja dari rumah.

Istirahat Secara Rutin

Jika kamu bekerja di depan komputer dan menonton televisi dalam waktu lama, sangat penting untuk beristirahat secara rutin. Jika kamu tak melakukaannya, maka bisa menyebabkan masalah pada otot di mata.

Kamu bisa beristirahat dan melakukan sesuatu secara rutin untuk menghindari masalah ini. Alihkan fokus pada obyek sejauh tiga meter selama beberapa detik.

Lebih Sering Berkedip

Jika kamu terpaku pada pekerjaan, kamu bakal lebih sedikit berkedip.Hal ini menyebabkan mata menjadi kering, pandangan memburam, serta mata lelah.

Berkedip lebih sering bisa membantu mengatasi masalah ini. Hal ini memberi sirkulasi kelembapan yang lebih baik pada mata serta memberi pelumas di mata.

Gerakkan Mata

Menggerak-gerakkan mata bisa melatih otot mata serta mestimulasi sirkulasi di sekitar mata. Gerakkan mata pada kedua arah sekitar 20 kali untuk membuat masalah ini sirna lebih cepat.

Pijat Mata

Pijatan yang dilakukan pada mata ini cukup menggosok telapak tangan hingga hangat. Selanjutnya, letakkan telapak tangan di mata selama 10 menit. Pastikan menutup mata selama waktu tersebut untuk membuat lelah di mata menghiang.

Pastikan Pencahayaan di Rumah Cukup Baik

Ketika bekerja di rumah, terkadang kita bekerja di kamar yang terlalu gelap. Pastikan bekerja di ruang yang cukup terang agar tidak memberi tekanan berlebih pada mata.

Sejumlah cara tersebut bisa kamu lakukan untuk mengatasi kondisi mata lelah yang kamu alami.