AS Sumbangkan 2,5 Juta Vaksin Covid-19 ke Taiwan

Internasional057 views

Inionline.id – Amerika Serikat (AS) mengumumkan pada Sabtu waktu setempat bahwa sebanyak 2,5 juta vaksin Covid-19 sedang dalam perjalanan ke Taiwan. Pengiriman itu akan memicu ketidaksetujuan dari China yang mengakui pulau itu sebagai wilayahnya.

“Bersemangat! Sumbangan kami berupa 2,5 juta dosis vaksin sedang dalam perjalanan ke Taiwan,” tulis juru bicara Departemen Luar Negeri Ned Price dalam sebuah tweet, Minggu (10/6/2021).

China menyatakan kemarahannya awal bulan ini ketika AS mengunjungi Taiwan dan mengumumkan sumbangan vaksin di tengah ketegangan yang memanas antara Beijing dan Washington.

Jumlah vaksin itu sekitar tiga kali lebih banyak dari yang diumumkan selama kunjungan delegasi AS ke Taiwan. Taipei menuduh Beijing menghambat upayanya untuk mengamankan dosis vaksin yang cukup.

Partai Komunis China tidak pernah menguasai Taiwan tetapi memandang pulau itu sebagai bagian dari wilayahnya. Mereka berjanji suatu hari akan merebutnya, dengan paksa jika perlu.

Beijing terus memberikan tekanan ekonomi, militer dan diplomatik di Taiwan dalam beberapa tahun terakhir dan membuatnya tetap terkunci dari badan-badan internasional seperti Organisasi Kesehatan Dunia.

Washington tetap menjadi sekutu terbesar Taiwan tetapi tidak mempertahankan hubungan diplomatik penuh dengan Taipei karena secara resmi mengakui Beijing.

Taiwan sebelumnya mampu mengendalikan pandemi dengan cara yang patut dicontoh, mencatat hanya segelintir kematian. Tetapi kasus telah melonjak setelah wabah yang dimulai dengan pilot maskapai.

“Terima kasih kepada #AS atas gerakan persahabatan yang mengharukan ini. Vaksin ini akan sangat membantu menjaga #Taiwan tetap aman & sehat,” tulis Presiden Taiwan Tsai Ing-wen di Twitter.