Selama Lebaran Candi Borobudur Tutup, Lirik Destinasi Wisata Lain

Inionline.id – Selama Lebaran 2021 nanti, sejumlah tempat wisata memang memutuskan untuk tetap beroperasi. Namun banyak juga yang lebih memilih untuk tutup sementara. Jadi, ketahui destinasi wisata mana saja yang bisa Anda kunjungi pada saat liburan Idul Fitri 2021 nanti.

Salah satu tempat wisata populer yang memutuskan tutup sementara selama libur Lebaran adalah Candi Borobudur. Objek wisata sejarah dan religi Buddha peninggalan Wangsa Syailendra itu berlokasi di Magelang, Jawa Tengah.

Kabar penutupan sementara Candi Borobudur disampaikan melalui akun Instagram resmi Pengelola Destinasi Pariwisata Taman Candi Borobudur, @borobudurpark, dalam unggahan yang dibagikan pada Minggu, 9 Mei 2021.

Berdasarkan Surat Edaran (SE) Gubernur Jawa Tengah No. 443.5/0007136 dan Surat Edaran Bupati Magelang No. 443.5/1729/01.01/2021, destinasi wisata wilayah Kabupaten Magelang ditutup sementara 8–17 Mei 2021.

Melalui SE Gubernur Jawa Tengah, tercantum soal perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis Mikro, guna pengendalian penyebaran corona Covid-19 di Jawa Tengah. Perpanjangan ini berlaku dari 4–17 Mei 2021.

Satu poin terkait wisata di SE Gubernur Jawa Tengah, disebutkan dalam hal destinasi wisata yang berada dalam zona oranye dan zona merah, kegiatan masyarakat di destinasi wisata dilarang dan tempat wisata ditutup untuk umum.

Ini bukan kali pertama Candi Borobudur ditutup. Sebelumnya, destinasi wisata ini ditutup sementara pada 6–7 Februari 2021 dalam rangka mendukung program pemerintah Jawa Tengah dalam “Gerakan Jateng di Rumah Saja”. Gerakan tersebut sesuai dengan Surat Edaran Gubernur Jawa Tengah No. 443.5/0001933.

Ketika dibuka kembali pada 18 Mei 2021 mendatang, pengunjung tidak diperkenankan naik hingga menuju puncak. Kunjungan dibatasi hanya sampai halaman atau pelataran Candi Borobudur saja.

Sementara itu, masa adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi Covid-19 turut ditanggapi pelaku wisata dengan menerapkan sejumlah protokol kesehatan. Salah satunya adalah sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment), protokol standar yang harus diterapkan demi kenyamanan dan keamanan pengunjung.

Terkait hal tersebut, Taman Wisata Candi Borobudur, resmi memperoleh Sertifikasi CHSE. Sertifikasi tersebut diterima pada 19 November 2020 lalu.