Ridwan Kamil Meminta OJK Tingkatkan Literasi Keuangan Jabar

Ekonomi057 views

Inionline.id – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) di wilayahnya, termasuk Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jabar, untuk meningkatkan literasi keuangan digital masyarakat sekitar.

Hal tersebut perlu dilakukan mengingat pandemi covid-19 memaksa semua pihak, mulai dari pemerintah, perbankan, sampai masyarakat, harus beradaptasi dengan teknologi atau digital.

“Akses keuangan juga mengalami digitalisasi yang meningkat,” ujar pria yang akrab disapa Emil itu dalam konferensi video dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (21/5).

“Saya titip kepada OJK, saya dapat laporan dari warga-warga saya yang diiming-imingi investasi online juga. Jadi merambah, tidak hanya akses keuangan, tapi investasi online yang sudah mulai di seluruh lapisan masyarakat,” kata mantan Wali Kota Bandung itu.

Emil menyebutkan situasi tersebut berpotensi merugikan masyarakat manakala literasi keuangan digital masyarakat masih rendah.

Oleh karena itu, ia mendorong OJK Jabar dan BI Jabar untuk intens mengedukasi kepada masyarakat mengenai keuangan digital.

Menurut Emil, konten-konten edukasi mesti dikemas dengan menarik dan sederhana. Tujuannya, agar masyarakat tertarik dan mudah untuk menyerap informasi yang disampaikan.

“Jadi saya titip kepada OJK dan BI, tolong bikin video-video edukasi yang mudah dipahami tentang hal-hal baru dalam dunia keuangan kepada masyarakat awam, serta berhimpunnya rentenir-rentenir juga secara digital itu meresahkan,” ujarnya.

Emil mengatakan tanggung jawab OJK dan BI tidak hanya di level makro dan formal. Tetapi juga harus ada yang masuk ke pihak-pihak yang perlu diedukasi di level mikro.

“Mudah-mudahan dengan itu, kita bisa melaksanakan kegiatan dengan baik, sehingga ekonomi kita bisa pulih,” tandasnya.