RAMADHAN KEDUA DI MASA PANDEMI, PKS FOKUS TINGKATKAN INTERAKSI KADER DENGAN AL-QUR’AN

Politik057 views

Inionline.id – Ramadhan ini menjadi Ramadhan kedua kalinya umat Muslim menjalani puasa dalam suasana pandemi. Hal ini tidak mengurangi semangat Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Bogor untuk helat kegiatan dalam menyemarakkan bulan suci Ramadhan.

Mulai dari kegiatan Tebar Paket Makanan Berbuka ke setiap sudut kota Bogor, Dialog Keummatan, Kajian Keislaman, Pelatihan Tematik Quantum Reading Qur’an, Sehari Bersama Al Quran, Nuzulul Quran, hingga puncaknya adalah kegiatan Berbagi Paket Lebaran. Semua kegiatan dilakukan secara online, kecuali Tebar Paket Makanan Berbuka dan Berbagi Paket Lebaran yang dilakukan langsung dengan penerapan prokes 5M.

Dari kegiatan Semarak Ramadhan PKS Kota Bogor tahun ini, terlihat bahwa PKS fokus mengajak kader dan ummat Islam di Kota Bogor untuk meningkatkan interaksi dengan Al-Qur’an.

Ketua DPD PKS Kota Bogor, Atang Trisnanto menyampaikan bahwa seberapa dekat interaksi seseorang dengan Al-Qur’an menjadi indikator kadar keimanan seseorang pada Allah SWT. “Kita tentu pernah merasakan saat keimanan kita sedang turun, maka interaksi kita dengan Al-Qur’an juga melemah. Begitu juga sebaliknya. Maka tugas kita berikutnya adalah bagaimana agar kondisi keimanan kita tetap terjaga dengan cara menjaga intensitas interaksi kita dengan Al-Qur’an. Untuk itu, tahun ini kita fokuskan agar kader semakin tinggi interaksinya dengan Al Quran”, jelasnya.

Nuzulul Quran, Momentum Pembentukan Generasi Qur’ani

Pentingnya interaksi dengan Al Quran juga disampaikan oleh Yasir A Liputo, Ketua Dewan Etik Daerah (DED) PKS Kota Bogor. Dalam nasihatnya di kegiatan Nuzulul Quran, bahwa jangan sampai kesedihan Nabi Muhammad akan umatnya yang menyepelekan Al-Qur’an terjadi pada kita. “Menyepelekan Al-Qur’an tidak hanya dengan tidak membaca, tidak mempelajari, atau tidak mengamalkan Al-Qur’an. Tapi juga dengan tidak memperjuangkannya”, pesan Yasir.

Turut hadir dalam kegiatan yang dihelat secara daring tersebut Prof. Dr. KH Didin Hafidhuddin. Tokoh nasional yang juga menjadi Direktur Program Pasca Sarjana Universitas Ibnu Khaldun ini berpesan bahwa hanya para generasi Qur’ani yang akan mampu membangun peradaban yang konstruktif. “Maka, perbanyaklah generasi Qur’ani agar bangsa ini bisa maju dan dalam keberkahan”, pesan Didin.

Pesan-pesan untuk meningkatkan interaksi dengan Al-Qur’an juga disampaikan oleh PKS Kota Bogor melalui kegiatan lainnya. Salah satunya adalah penayangan program Mutiara Ramadhan 1442 H di kanal sosial media PKS Kota Bogor selama bulan Ramadhan. Program ini berupa video berisi hikmah dan pesan yang disampaikan oleh Atang Trisnanto Ketua DPD PKS Kota Bogor dan H. Karnain Asyhar selaku ketua Majelis Pertimbangan Daerah (MPD) PKS Kota Bogor.