Penyebab Seseorang Kerap Terbatuk-Batuk Saat Berolahraga

Kesehatan057 views

Inionline.id – Kamu tengah berlari di dalam ruangan gym, ketika sedang berkonsentrasi, tiba-tiba kamu terbatuk-batuk padahal tidak sedang flu atau demam. Napasmu juga baik-baik saja sebelumnya dan tidak memburu namun tiba-tiba mengalami batuk. Lantas apa sih penyebabnya?

Terbatuk ketika berolahraga memang sesuatu yang biasa dialami seseorang. Secara teori, batuk biasanya terjadi ketika paru-paru berusaha untuk mengeluarkan iritasi di saluran pernapasan yang bisa muncul karena alergen seperti debu atau serbuk sari. Kualitas udara yang buruk terkadang juga bisa jadi pemicu terjadinya batuk ini.

Namun ketika batuk ini terjadi saat berolahraga, mungkin kamu mengalami kondisi yang dikenal sebagai exercise-induced bronchoconstriction (EIB). Hal ini biasa terjadi ketika saluran pernapasan jadi menegang usai melakukan aktivitas fisik.

Masalah EIB ini secara lebih khusus lebih rentan dialami oleh mereka yang memiliki riwayat asma. Tak heran jika sebelumnya kondisi ini dikenal sebagai exercise-induced asthma.

Gejala dan Penyebab

Gejala yang Muncul

EIB disebabkan oleh hilangnya panas atau air dari saluran pernapasan ketika kita bernapas secara menggebu pada udara kering. Gejala ini biasanya muncul 10 hingga 15 menit usai berolahraga atau pada saat itu juga. Beberapa gejala yang menyertai adalah:

– Bersin
– Susah napas
– Sesak di dada
– Sakit tenggorokan

Faktor Penyebab

Terdapat beberapa hal yang bisa memicu munculnya EIB baik ketika kamu berolahraga di dalam maupun luar ruangan. Beberapa pemicu ini adalah:

– Polusi udara
– Debu
– Alergen seperti serbuk sari
– Kondisi dingin yang disertai udara kering atau lembap berlebih
– Serta faktor lain seperti bekas cat atau karpet di ruangan.

Cara Meminimalisasi Batuk

Batuk Tidak Selalu Disebabkan EIB

Ketika batuk usai berolahraga, tidak selalu EIB penyebabnya terutama ketika tidak disertai gejala lain. Sebuah penelitian mengungkap bahwa olahraga berat bisa memicu sedikit iritasi pada saluran pernapasan tanpa terjadinya penyempitan.

Ketika berolahraga, napasmu bakal semakin cepat dan kadang keluar lewat mulut. Hal in menyebabkan udara yang masuk tidak cukup terfilter seperti ketika menggunakan hidung.

Saat bernapas normal, udara menjadi lembap dan hangat sebelum masuk paru-paru. Namun ketika napas menjadi cepat karena olahraga, debu menjadi lebih mudah masuk ke mulut sehingga terjadi batuk. Hal ini tidak berbahaya dan dapat segera berhenti usai kamu selesai berolahraga.

Cara Meminimalisasi Batuk

– Gunakan penutup pada mulut dan hidung ketika berolahraga di udara dingin
– Usahakan bernapas menggunaan hidung
– Pemanasan yang cukup
– Memilih gym dengan kondisi baik dan minim debu
– Mandi langsung setelah berolahraga