Penampakan Sky Pool Pertama di Dunia yang Melayang di Atas Kota London

Inionline.id – Inovasi desain bangunan terus diperlihatkan dan tak sedikit diantaranya yang membuat publik berdecak kagum. Salah satunya adalah desain kolam renang transparan di kota London, Inggris, yang berbeda dari biasanya.

Bagaimana tidak, sky pool sepanjang 25 meter ini melintang di ketinggian 35 meter, di atas jalan kota London. Melansir laman CNN (28/4/2021), kolam renang itu rencananya akan resmi dibuka pada 19 Mei mendatang.

Berada di lantai sepuluh, kolam renang ini menjadi ‘jembatan’ penghubung antara dua gedung apartemen di kawasan Nine Elms, di barat London. Akses ke kolam renang ini tidak dibuka untuk umum, melainkan hanya bagi penghuni kompleks apartemen.

Lebih lanjut dijelaskan, kolam renang ini tersusun dari bahan akrilik. Letaknya di sebelah Kedutaan Besar Amerika Serikat dan dekat tepi selatan Sungai Thames. Para penghuni akan menikmati pemandangan khas metropolitan London, termasuk London Eye dan Westminster dari sana.

Kolam dengan kedalaman 3,2 meter itu mampu menampung air seberat 375 ton. Kolam hasil rancangan desainer akuarium Reynolds ini telah melalui pengujian kekuatan ekstensif di pabrik Reynolds.

Sebelumnya, kolam tersebut melakukan perjalanan ke Inggris melalui jalur darat, kemudian disambung jalur laut. Ia diangkat ke tempatnya dengan mobile crane seberat 750 ton yang didukung crane seberat 50 ton.

“Pengangkatannya adalah proses yang presisi karena hanya ada toleransi 30 sentimeter saat memasang kolam ke rangka bajanya,” kata perwakilan Ballymore, perusahaan pengembang properti yang menangani proyek kolam renang melayang itu.

Struktur kolam merupakan karya arsitek Arup Associates, Insinyur Eckersley O’Callaghan. Mereka tidak asing dengan tantangan arsitektur lingkungan karena salah satu proyek paling terkenalnya adalah Sydney Opera House.

Kolam dengan tebal sisi 200 milimeter dan dasar 300 milimeter ini terbentang di antara bangunan dengan tangga dan sistem filtrasi duduk. Perenang dapat menyelam dari satu sisi dan turun di sisi lain.

“Begitu Anda berenang, Anda bisa melihat ke bawah dan ini akan seperti terbang,” kata Brian Eckersley, Direktur Eckersley O’Callaghan.

Pada acara pembukaan nanti, rencananya akan ada selebrasi terbatas yang akan dipandu DJ Romang Kemp dan memperlihatkan penampilan tim renang, Aquabatix.

Total ada dua ribu hunian dipromosikan dengan harga 1,4 juta dolar Amerika Serikat atau setara Rp20 milliar di Embassy Gardens. Nine Elms, London, dulunya merupakan lingkungan industri. Namun, wajahnya berubah dengan 40 proyek pengembangan baru yang saat ini sedang dikerjakan.