by

Pemerintah Mendorong Pemulihan Ekonomi Lewat Hari Bangga Buatan Indonesia 2021

Inionline.id – Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan serta Kementerian Komunikasi dan Informatika mencanangkan program Hari Bangga Buatan Indonesia (BBI) 2021 pada 5 sampai 13 Mei mendatang. Mengusung tema Semakin Bangga Buatan Indonesia, program bertujuan mendorong konsumsi rumah tangga di tengah kebijakan pelarangan mudik Lebaran guna memutus rantai penyebaran Covid-19.

Pencanangan Hari BBI 2021 ini didukung oleh 72 platform e-commerce melalui beragam promo. Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi menyatakan, Hari BBI 2021 merupakan implementasi atas arahan Presiden Joko Widodo terkait pertumbuhan ekonomi di momentum Ramadan dan Idul Fitri 1442 H.

“Mudik tahun ini adalah ‘mudik di hati’, diharapkan berbagai promo tersebut mampu mendorong masyarakat menunda mudik Lebaran sekaligus meningkatkan keinginan masyarakat berbelanja produk Indonesia,” kata Lutfi pada acara Forum Merdeka Barat 9 (FMB9), Senin (3/5).

Selain itu, Hari BBI juga diharapkan dapat mendorong rasa cinta dan bangga akan produk buatan Indonesia. Menurut Lutfi, bentuk paling sederhana dari wujud kecintaan terhadap Indonesia adalah dengan membeli dan menggunakan produk-produk buatan dalam negeri.

Pada kesempatan yang sama, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyebut Hari BBI 2021 sebagai langkah konkret mendukung pemulihan dan kebangkitan perekonomian Indonesia yang terdampak pandemi.

“Penyelenggaraan Hari BBI secara daring diharapkan dapat memudahkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan selama bulan suci Ramadan dan jelang Hari Raya Idul Fitri. Dengan berbelanja secara daring, diharapkan juga mobilitas masyarakat dapat semakin berkurang,” ujarnya.

Ia menambahkan, Hari BBI 2021 juga perlu dimaknai sebagai dukungan atas kesuksesan Akselerasi Transformasi Digital Nasional. Penggunaan platform e-commerce untuk memfasilitasi para pelaku usaha dalam negeri diyakini akan mendorong kemandirian dan kedaulatan digital Indonesia.

“Penggunaan platform secara masif ini juga didukung pemerintah dengan penyediaan infrastruktur digital, talenta dan literasi digital serta penguatan pelindungan data pribadi para konsumen, yang dilakukan secara kolaboratif antara pemerintah, konsumen dan penyelenggara platform e-commerce,” papar Johnny.

Lutfi menjelaskan, pada gelaran Hari BBI 2021 pemerintah dan pelaku usaha akan berbagi tugas mendorong konsumsi masyarakat di tengah pandemi. Pemerintah mengambil peran dengan berkampanye melalui media, sedangkan pelaku usaha menyediakan berbagai bentuk penawaran menarik seperti bebas ongkos kirim untuk menarik minat belanja masyarakat.