Jadi Kepala BNPB, Ganip Warsito Diminta Mewaspadai Lonjakan Covid-19

Berita057 views

Inionline.id – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Ganip Warsito, mengaku mendapat sejumlah wejangan dari Presiden Joko Widodo usai dilantik.

Ganip mengatakan Jokowi memerintahkannya untuk waspada menghadapi lonjakan kasus Covid-19. Ganip diminta untuk memperketat pengawasan di lapangan.

“Presiden memberikan arahan ini kondisi covid merangkak naik. Oleh karenanya, pelaksanaan PPKM Mikro diperketat, kemudian pelaksanaan 3M dan 3T konsisten, dan penuh disiplin,” kata Ganip dalam Sertijab Kepala BNPB, disiarkan kanal Youtube BNPB Indonesia, Selasa (25/5).

Jokowi juga meminta Ganip berkoordinasi dengan Kepala BNPB sebelumnya, Doni Monardo. Jokowi meminta Doni mentransfer semua hal yang harus ditangani oleh Ganip.

Ganip berkata ia juga diminta belajar dari Doni. Dia berjanji akan segera menyesuaikan diri dengan segala pekerjaan di BNPB.

“Presiden memberi perintah kepada saya di depan Pak Doni supaya jurus-jurus yang dipakai Pak Doni diserahterimakan dan dilanjutkan. Itu bahasanya Pak Presiden, jurus-jurus,” ujarnya.

Di kesempatan yang sama, Doni berkata diminta Jokowi untuk membantu Ganip. Dia menyatakan siap memberi berbagai dukungan kepada Ganip dan BNPB.

Doni juga memastikan tugas-tugas BNPB tak akan terganggu dengan suksesi kepemimpinan ini. Dia yakin dengan sistem yang telah berjalan di BNPB selama ini.

“Beliau berpesan juga tentang bagaimana manajemen kebencanaan. Walau berganti pergantian kepemimpinan, tidak boleh ada perubahan,” ungkap Doni.